NUR MAIDATUL JANNAH, 17209163012 (2020) ANALISIS BERFIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH IPS MATERI KELANGKAAN DAN KEBUTUHAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Maidatul Jannah. Nomor Induk. 17209163012. 2020. “Analisis Berfikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah IPS Materi Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Pada Siswa Kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Tahun Ajaran 2019/2020”. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing: Anggoro Putranto, M.Sc. Kata Kunci : Berfikir Kritis, Menyelesaikan Masalah IPS, Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia. Berpikir kritis merupakan cara berpikir dengan mengenal dan menganalisis suatu hal untuk mendapatkan solusi. Kemampuan berpikir kritis diterapkan pada siswa untuk belajar memecahkan masalah/soal. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kendala siswa dalam memecahkan masalah IPS materi kelangkaan dan kebutuhan manusia pada siswa kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu tahun ajaran 2019/2020, Untuk mengetahui upaya guru dalam menangani kendala yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah IPS materi kelangkaan dan kebutuhan manusia pada siswa kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawutahun ajaran 2019/2020, Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah IPS materi kelangkaan dan kebutuhan manusia pada siswa kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah siswa kelas VII J di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu, data yang diperoleh berupa data hasil tes tulis, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data hasil tes tulis diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal materi kelangkaan dan kebutuhan manusia berdasarkan indikator berpikir kritis Ennis. Analisis data menggunakan beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kendala siswa dalam menyelesaikan masalah IPS materi kelangkaan dan kebutuhan manusia yaitu sebagian dari siswa mengalami kesulitan dalam hal menghafal faktor penyebab terjadinya kelangkaan, masih ada sebagian dari siswa yang belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, sebagian dari siswa masih belum bisa memberikan contoh yang nyata mengenai kelangkaan dan kebutuhan manusia.2) Upaya guru dalam menangani masalah yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah IPS materi kelangkaan dan kebutuhan manusia yaitu guru menjelaskan kembali mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa, memberikan sarana dan prasarana yang menunjang untuk proses pembelajaran. guru juga memberi motivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas.3) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII J di MTs. Ma’arif termasuk dalam kategori sedang yaitu meliputi mampu memberikan penjelasan sederhana, membangun ketrampilan dasar dan menyimpulkan karena mereka memiliki keterbatasan dalam wawasannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209163012 NUR MAIDATUL JANNAH |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 08:09 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18228 |
Actions (login required)
View Item |