ANGGRAENI YUNITA SARI, 17204163265 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS X DI SMK 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (730kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (354kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks Kelas X di SMK 1 Ngunut Tulungagung”. Disusun oleh Anggraeni Yunita Sari, Nim. 17204163265, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, dan Materi Matriks Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negeri di belahan dunia termasuk Indonesia. Salah satu cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan pembatasan interaksi masyarakat yang diterapkan dengan istilah physical distancing. Keputusan pemerintah untuk meliburkan peserta didik, memindahkan proses belajar mengajar disekolah menjadi di rumah dengan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) membuat resah banyak pihak. Dalam upaya melaksanakan proses pembelajaran perlu dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Salah satu cara pelaksanaan pembelajaran daring yaitu menggunakan media Whatsapp. Whatsapp merupakan media yang memungkinkan untuk berbagi informasi secara online, mudah dan cepat. Melalui media Whatsapp kegiatan diskusi dimasa pandemi bisa tetap dijalankan, salah satunya pada mata pelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Daring kombinasi terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks kelas X di SMK 1 Ngunut Tulungagung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Daring Kombinasi terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks Kelas X di SMK 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMK 1 Ngunut Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sedangkan sampel pada penelitian ini menghubungkan dua kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis peneliti menggunakan analisis data uji beda (uji t) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Daring Kombinasi terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks Kelas X SMK 1 Ngunut Tulungagung, pada taraf signifikasi sebesar 0,022. 2) Besarnya pengaruh model pembelajaran Daring Kombinasi terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks kelas X SMK 1 Ngunut adalah 12,37%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Daring terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK 1 Ngunut. Hal ini dapat dikatakan model Daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163265 Anggraeni Yunita Sari |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 07:14 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18284 |
Actions (login required)
View Item |