GILANG PUTUT WIJAYA, 17201163310 (2020) KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (694kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (390kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (567kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Kompetensi Sosial Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Peserta Didik di MTsN 1 Kota Blitar”, ini ditulis oleh Gilang Putut Wijaya. NIM 17201163310. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Suwanto, M.Si. NIP 198512122018011002. Kata Kunci : Kompetensi Sosial Guru, Sikap Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya sikap sosial bagi peserta didik kususnya dalam sikap jujur, bertanggung jawab dan empati. Di MTsN 1 Kota Blitar terdapat beberapa anak yang belum mampu membiasakan dirinya dalam bersikap sosial yang meliputi antara lain yaitu sikap jujur, bertanggung jawab, dan empati. Oleh sebab itu kompetensi sosial guru sangat penting dalam proses penumbuhan sikap sosial peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, (1) bagaimana kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap jujur peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar ?, (2) bagaimana kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap bertanggung jawab peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar ?, (3) bagaimana kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap empati peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar ?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, (1) untuk mendeskripsikan kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap jujur peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar, (2) untuk mendeskripsikan kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap bertanggung jawab peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar, (3) untuk mendeskripsikan kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap empati peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analasis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, tringulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut : (1) kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap jujur yaitu dapat berkomunikasi secara efektif dengan melakukan kegiatan penanaman karakter sebelum masuk materi inti, kegiatan rutin membaca al-Qur’an, melakukan kegiatan home visit, serta mencotohkan sikap jujur kepada peserta didik. (2) kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap bertanggung jawab yaitu menjadi agen perubahan sosial yang mana mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan melakukan kegiatan tim polisi kebersihan, sholat berjama’ah dan pemberian sanksi tegas bagi siswa yang tidak bertanggung jawab. (3) kompetensi sosial guru dalam menumbuhkan sikap empati yaitu ikut berperan aktif dalam masyarakat dengan melakukan kegiatan baksos, santunan anak yatim, takziyah, menggunakan metode pembelajaran diskusi, serta melakukan bimbingan konseling kelompok tentang sikap empati.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163310 GILANG PUTUT WIJAYA |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 06:57 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18402 |
Actions (login required)
View Item |