cahyani, arum (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMTAIKA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMPN 2 NGUNUT TAHUN AJARAN 2014/ 2015. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-V.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Arum Cahyani, NIM. 3214113053, pembimbing Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Kedisiplinan, Belajar, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kedisiplinan siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kedisiplinan dapat juga menjadi aspek pendukung pencapaian hasil belajar. Dalam proses pembelajaran sikap disiplin dapat menjadi penentu hasil belajar bagi peserta didik. Hal ini dapat kita lihat dari nilai yang diperoleh, peserta didik yang disiplin cenderung mendapatkan nilai yang lebih bagus dibandingkan dengan peserta didik yang kurang disiplin. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara kedisiplinan siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa di SMPN 2 Ngunut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kedisplinan siswa terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 2 Ngunut(2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 2 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Ngunut, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplig, yaitu pengambilan sampel dengan cara pengambilan sampel yang berdasarkan pada pertimbangan dan atau tujuan tertentu, serta berdasarkan ciri – ciri atau sifat – sifat tertentu yang sudah diketahui sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dokumentasi dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa SMPN 2 Ngunut yang digunakan sebagai sampel penelitian. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang kedisiplinan siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel dan dokumen sekolah. Sedangkan observasi dilakukan peneliti untuk melihat kegiatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh positif kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Ngunut tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai tempirik (3,367) > tteoritik 5% (2,052) dan berdasarkan Fhitung diperoleh nilai Fempirik (11,339) > Fteoritik (4,210) dengan R squaresebesar 0,296. Dengan demikian, kedisiplinan siswa memberikan pengaruh sebesar 29,6% terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | arum cahyani |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 03:47 |
Last Modified: | 27 Aug 2015 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1885 |
Actions (login required)
View Item |