TRIANA WAHYU YOLANDA, 17201163033 (2020) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN ETIKA BERBICARA PADA PESERTA DIDIK DI MTS IMAM AL-GHAZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Menumbuhkan Etika Berbicara Pada Peserta Didik di Mts Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung,” ini ditulis oleh Triana Wahyu Yolanda, NIM: 17201163033, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Lailatuz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Peran Guru Aqidah Akhlak, Etika Berbicara Etika Berbicara merupakan bagian yang penting dalam kegiatan sehari hari, etika berkenaan dengan aspek sikap, akhlak dan nilai-nilai dari Al-Qur‟an dan As-Sunnah, baik individu ataupun aturan untuk berhubungan dengan sosial masyarakat. Khususnya bagi para peserta didik agar dapat menjadi dasar kepribadian sehingga dapat menjadi manusia yang utuh. Beberapa cara yang di tempuh oleh MTs Imam Al-Ghazali Panjerejo untuk menjadikan para peserta didik sebagai manusia yang mempunyai etika berbicara yang baik, dipandang sebagai suatu yang menarik untuk diteliti secara lebih mendalam, apalagi mengingat peserta didik yang saat ini masih dalam proses belajar akan terjun ke lingkungan masyarakat yang menuntut para masyarakat untuk mempunyai etika dan perilaku yang baik. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak sebagai demonstrator, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam menumbuhkan etika berbicara peserta didik di MTs Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana hambatan Guru Aqidah Akhlak untuk menumbuhkan sikap etika berbicara pada peserta didik di MTs Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?, 3) Bagaimana implikasi dari peran Guru Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan etika berbicara peserta didik di MTs Imam Al-Ghazali Panjerejo Rejotangan Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan kenis penelitian studi kasus guna memahami fenomena sosial yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Peran guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan etika berbicara yang baik, yaitu terdapat beberapa peran. Pertama, peran guru sebagai demonstrator, motivator, fasilitator, dan evaluator. 2) Hambatan yang terjadi dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh pihak MTs Al Ghazali yaitu berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, teman sejawat. Guna mengatasi hambatan tersebut maka diantisipasi dengan memperkuat komunikasi antara berbagai pihak yang terkait. 3) Implikasi utama yang ditujukan yaitu, para siswa dapat menerapkan etika berbicara yang baik dalam melaksanakan aktiftas sehari-harinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163033 TRIANA WAHYU YOLANDA |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 02:40 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18907 |
Actions (login required)
View Item |