PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI AKTIVITAS MANUSIA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 1 NGANJUK

NAFIROH LAILATUL HANIFAH, 17209153010 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI AKTIVITAS MANUSIA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 1 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Scientific Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Semakin pesatnya perkembangan zaman, tentunya harus diimbangi dengan faktor pendukung yang nantinya sebagai penunjang kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, salah satu penunjang dalam meningkatkan sumber daya manusia yaitu pendidikan. Pengembangan bahan ajar dalam bentuk LKS ini tentunya akan memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran,yang lebih efisien, efektif dan relavan. Dengan pendekatan Scientific ini dikembangkan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir memecahkan masalah dan ketrampilan intelektual, agar siswa menjadi lebih aktif. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses dan hasil pengembangan LKS yang valid, praktis, dan efektif dengan menggunakan pendekatan scientific materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk siswa kelas VII MTs Negeri 1 Nganjuk. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan LKS yang valid, praktis, dan efektif dengan menggunakan pendekatan scientific materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk siswa kelas VII MTs Negeri 1 Nganjuk. Proses pengembangan produk ini mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan modifikasi Borg & Gall, yang meliputi Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan draft produk, Uji validitas ahli, Revisi produk, Uji coba produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan post-test dan angket yang diberikan setelah produk selesai diujicobakan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Nganjuk dengan subyek penelitian kelas VII A dan kelas VII B yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa dengan menggunakan pendekatan Scientific materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk siswa kelas VII. LKS yang dikembangkan ini menggunakan aplikasi corel draw dan microsoft word ini telah melalui tahap validasi dan uji coba produk. Berdasarkan validasi LKS dari ahli Media dan ahli materi, analisis data angket kevalidan menunjukkan nilai rata-rata persentase kevalidan ahli media sebesar 81,5% dan dinyatakan valid, menurut ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 85.65% yang berarti LKS bernilai valid. Kemudian Hasil analisis keefektifan yang dilakukan berdasarkan data nilai post-test, serta hasil observasi terhadap kegiatan guru di dalam kelas, yang dalam hal ini dilakukan oleh peneliti, mendapatkan presentase rata-rata 100% yang artinya kegiatan guru didalam kelas sesuai dengan RPP yang dibuat Hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa LKS merupakan produk pengembangan yang efektif, karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Mahasiswa 17209153010 nafiroh lailatul hanifah
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:09
Last Modified: 28 Apr 2021 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19150

Actions (login required)

View Item View Item