PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK

ULFATUS ZAHROK, 17201163350 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Ulfatus Zahrok, NIM 17201163350, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Fiqih Penelitian ini di latar belakangi oleh masih ditemukannya minat belajar siswa terhadap pelajaran fiqih merupakan salah satu masalah yang terjadi dilembaga pendidikan. Pembelajaran fiqih dalam kurikulum Madrasah Tsanawiyyah merupakan salah satu bagian mata pelajaran yang di arahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mampu mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw strategi pembelajaran melalui kelompok kecil yang saling bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuuk mencapai tujuan belajar yang mendorong siswa untuk belajar bersama dalam kelompok kecil yang heterogen untuk menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Mata Pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek?, (2) Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Mata Pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (3) Adakah Pengarauh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Mata Pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah afektif mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah psikomotorik mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen ini menggunakan modifikasi posttest only control group design. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VII di MTs Darissulaimaniyyah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner, dokumentai, tes, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji coba intrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas, dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah kognitif diperoleh nilai significan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai t hitung 6,294. Sehingga nilai significan tailed kurang < 0,05 dan t hitung 6,294 > nilai t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah afektif diperoleh nilai signifikan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai t hitung 6,294. Sehingga nilai signifikan tailed kurang < 0,05 dan t hitung 6,294 > nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikansi 5%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh nilai signifikan Sig. (2-tailed) sebesar 0,044 dengan nilai t hitung 2,072. Sehingga nilai Sig. (2-tailed) kurang < 0,05 dan t hitung 2,072 > nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163350 ULFATUS ZAHROK
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:49
Last Modified: 29 Mar 2021 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item View Item