SITI KHUMAIDATUZ Z, 17204163092 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII DI MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (535kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (170kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (411kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (106kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII di MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Siti Khumaidatuz Zahro, NIM. 17204163092, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena seorang pendidik dalam suasana pembelajaran masih menggunakan metode mengajar berceramah. Sehingga masih banyak siswa yang memiliki motivasi rendah dalam belajar. Dengan rendahnya motivasi belajar, akan mempengaruhi hasil belajar yang menurun. Oleh karena itu, motivasi dapat ditingkatkan salah satunya dengan memberikan berbagai model pembelajaran sehingga siswa tidak cepat merasa bosan. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw. Melalui perpaduan model pembelajaran berbasis masalah dengan kooperatif jigsaw ini, pembelajaran akan lebih menarik karena materi pelajaran dikaitkan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap motivasi belajar matematika kelas VII di MTsN 4 Blitar. (2) Mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar matematika kelas VII di MTsN 4 Blitar. (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar matematika kelas VII di MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini mengarah pada quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalahangket, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Dengan sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji pra syarat dan uji t-test dan uji MANOVA digunakan untuk uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap motivasi belajar matematika kelas VII di MTsN 4 Blitar; 2) ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar matematika kelas VII di MTsN 4 Blitar; 3) ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar matematika kelas VII di MTsN 4 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163092 Khumaida |
Date Deposited: | 13 Apr 2021 06:34 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19325 |
Actions (login required)
View Item |