M. MISKUL FIRDAUS ZUBAIDI, 17201163461 (2020) PELAKSANAAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK M. Miskul Firdaus Zubaidi, NIM. 17201163461, 2020, Pelaksanaan Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kualitas Belajar PAI Peserta Didik di MAN 1 Blitar, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. M. Muntahibun Nafis, M. Ag. NIP. 197803182005011003 Kata Kunci : Kedisiplinan, Kualitas belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pada zaman ini terdapat peserta didik kurang disiplin dalam meningkatkan kualitas belajar. Akan tetapi peserta didik di MAN 1 Blitar ini telah dibiasakan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran mulai pagi sampai sore. Namun dalam prakteknya masih ada beberapa hambatan serta dampak kedisiplinan dalam meningkatkatkan kualitas belajar . Oleh karena itu, perlu adanya pelaksanaan kedisiplinan dalam meningatkan kualitas belajar pai peserta didik secara khusus supaya tertib. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI peserta didik di MAN 1 Blitar? (2) Bagaimana hambatan dan faktor pendukung pelaksanaan kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI peserta didik di MAN 1 Blitar? (3) Bagaimana dampak pelaksanaan kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI peserta didik di MAN 1 Blitar? Metode penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif, penelitian kualitatif berdasarkan fenomena yang ada, peneliti sebagai instrument utama, serta penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ketiganya merupakan komponen yang tidak bisa terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam menetapkan keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Untuk mencapai tujuan tersebut diadakan penelitian di lapangan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk pelaksanaan kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI peserta didik dilakukan dimulai dengan sholat dhuha berjam’ah, kemudian masuk kelas untuk kegiatan belajar mengajar dan istirahat pertama jam 10.00 - 10.30 WIB. Kegiatan belajar mengajar selanjutnya sampai jam 12.00 WIB. Istirahat ke dua Sholat Dzuhur berjama’ah, sebelum sholat dzuhur ada kultum (kuliah tujuh menit) yang mana jadwalnya telah dibagi setiap kelas. Kegiatan belajar-mengajar dimulai jam 12.30 - 15.00 WIB. Istirahat ke tiga kultum (kuliah tujuh menit) sebelum sholat jama’ah asar, jama’ah sholat ‘asar kemudian pulang dan dipertanggungjawabkan oleh seluruh elemen sekolah baik kepala sekolah, guru tatatertib, guru BK, wali kelas, guru dan wali murid. (2) Hambatan dan faktor pendukung pelaksanaan kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI peserta didik. Adapun hambatannya yaitu: perilaku siswa siswi yang kurang menyadari pentingnya kedisiplinan, kurangnya sarana prasarana disiplin waktu, terkadang menyalah gunakan laptop di waktu belajar untuk maen game, kurangnya koordinasi dengan guru, terkadang hanya beberapa guru yang menertibkan siswa, dan terpengaruh pergaulan peserta didik. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu masih adanya guru yang semangat untuk mengingatkan dan memberi contoh yang baik, sistem untuk menegakkan kepada peserta didik supaya mengerjakan tugas tepat waktu, adanya pondok pesantren disekitar sekolah yang bisa menumbuhkan karakter pondok pesantren (3) Dampak pelaksanaan kedisiplinan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI peserta didik. Dampak positifnya yaitu terbentuk peserta didik yang lebih menghargai waktu pelajaran, terbentuknya pola pikir baik untuk mematuhi aturan pola belajar sadar dari tugas pelajaran. Dampak negatifnya yaitu tertekan mental peserta didik untuk berfikir of the book harus berada pada aturan guru sehingga sulit bergerak bebas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163461 M. MISKUL FIRDAUS ZUBAIDI |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 02:52 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19357 |
Actions (login required)
View Item |