AHMAD AZIZ ULIL ANWAR, 17201163300 (2020) PENANAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI PONDOK KERJA ABA MANGUNSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (737kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab di Pondok Kerja ABA Mangunsari Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Aziz Ulil Anwar, NIM 17201163300, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Suwanto, M.S.I. Kata Kunci: Karakter, Tanggung jawab konteks penelitian Pendidikan karakter semakin dibutuhkan pada zaman sekarang, Pendidikan karakter menanamkan perilaku/akhlak yang terbentuk dari kebiasaan dan keteladanan pendidik, baik orang tua, guru, dan lingkungan yang ikut serta membangun karakter tersebut. Salah satu karakter yang penting adalah karakter tanggung jawab. Karena kesadaran manusia sangatlah kurang dalam menjalankan kewajibannya, hal tersebut dapat dilihat dari keseharian manusia yang sering lupa dalam tugasnya. Di Indonesia sendiri untuk mempersiapkan generasi muda yang berkarakter. Pendidikan karakter dimulai dari bagaimana lingkungan kecil seperti keluarga sampai lingkungan dimana ia tinggal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana penanaman nilai karakter tanggung jawab pada kegiatan shalat berjama’ah di pondok kerja ABA Mangunsari Tulungagung. 2. Bagaimana penanaman nilai karakter tanggung jawab pada kegiatan kajian kitab di pondok kerja ABA Mangunsari Tulungagung. 3. Bagaimana penanaman nilai karakter tanggung jawab pada disiplin kerja di pondok kerja ABA Mangunsari Tulungagung. Skripsi ini diharapkan menyadarkan bahwa pentingnya pendidikan karakter terutama rasa tanggung jawab, agar tidak terus menerus menagih perihal hak tanpa menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya. Penelitian ini diharapkan bisa dijadikan acuan bagi peneliti berikutnya atau peneliti lain yang ingin mengkaji lebih mendalam mengenai topik dengan fokus serta setting yang lain sehingga memperkaya temuan penelitian ini. Sebagai masukan dan alternatif bagi organisasi pendidikan sehingga dapat bermanfaat untuk mengambil kebijakan organisasi khususnya dalam peningkatan mutu pendidikan karakter terutama rasa tanggung jawab. Kesimpulan dari penelitin ini adalah: 1. Kegiatan sholat berjamaah dilaksanakan setiap hari. Dalam meningkatkan kualitas tanggung jawab karyawan atau santri terhadap sholat berjamaah pengasuh memberikan motivasi-motivasi dan arahanarahan yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadist dengan menjelaskan keutamaankeutamaan sholat berjamaah agar para santri dan karyawan lebih bersemangat dan tertarik untuk melaksanakannya. 2. Pembelajaran kitab kuning di Pondok Kerja ABA pada dasarnya sama dengan pondok pesantren pada umumnya. Metode yang digunakan adalah metode bandongan. 3. Kegiatan bekerja di Pondok Kerja ABA dilakukan setiap hari kecuali hari Minggu. Hal yang di tekankan oleh pengasuh dalam hal bekerja adalah bekerja bertanggung jawab dalam pekerjaannya dan bukan semata-mata mencari uang untuk keperluan sehari-hari, tetapi juga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang di berikan oleh Allah SWT.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163300 AHMAD AZIZ ULIL ANWAR |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 02:50 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 02:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19412 |
Actions (login required)
View Item |