WIDATUL AFIFAH, 17201163138 (2020) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA SISWA DI SMP AL HIKMAH MELATHEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (165kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Juz ‘Amma Siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung”, ini ditulis oleh Widatul Afifah, NIM 17201163138, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitutut Agama Islam Negeri ( IAIN) Tulungagung, yang bimbing oleh. Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag NIP. 196909182000031002 Kata Kunci: Strategi, Guru dan Hafalan Juz ‘Amma Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa Hafalan Al Qur’an semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di SMP Al Hikmah Tulungagung. Keberhasilan dari hafalan Al-Qur’an ini salah satunya ditentukan oleh strategi guru yang disusun secara khusus untuk meningkatkan hafalan tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung?, 2) Bagaimana evaluasi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung?, 3) Bagaimana faktor penghambat dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung?, 4) Bagaimana solusi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat guru dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung, 4) Untuk mendeskripsikan solusi guru dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan beberapa Langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi untuk meningkatkan hafal Juz ‘Amma siswa adalah dengan cara mentarget hafalan bagi seluruh siswa dan siswa harus hafal sekian surat yang sudah ditentukan dari guru. Berdasarkan data yang diperoleh dalam meningkatkan hafalan juz amma siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung menerapkan beberapa strategi. Berikut strategi yang diterapkan: strategi 2) Evaluasi merupakan suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Pada evaluasi ini, di SMP Al Hikmah Melathen dilakukan Ketika di akhir pelajaran mengulang surat hafalan yang sudah di hafalsecara Bersama. Untuk yang belum hafal mengikuti membaca dan di setorkan pada pertemuan selanjutnya. Untuk evaluasi keseluruhan, dilakukan di akhir dengan diadakan seperti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Namun untuk keseluruhan hafalan yang sudah di hafal dari kelas 7-9 itu, khususnya kalau sudah kelas 9 dilakukan ujian tasmi’ dengan menghafal juz 30 atau juz amma secara keseluruhan dan di simak oleh penguji. Bertujuan hafalan tersebut masih dijaga dan tidak lupa. 3) Faktor yang dapat menghambat pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan hafalan juz amma yaitu: Siswa yang kurang minat dengan hafalan juz ‘amma, ada siswa yang belum bisa membaca al Qur’an, waktu untuk hafalan. 4) Selanjutnya untuk mengatasi hambatan tersebut tentunya ada solusi. Adapun solusi dari hambatan tersebut yaitu, membangkitkan semangat siswa dan memberi motivasi kepada siswa agar siswa sadar, mau dan minat untuk menghafal Juz ‘Amma, waktu yang kurang merupakan hambatan dalam menghafal Juz ‘Amma, beberapa siswa terlihat tidak fokus dalam menghafal, mainan sendiri, memberi permainan atau es breaking dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163138 WIDATUL AFIFAH |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 02:03 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19506 |
Actions (login required)
View Item |