FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SYARIAH PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN TULUNGAGUNG

AIDA HANUM MAHMUDAH, 17403163194 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SYARIAH PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Syariah Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung” ini ditulis oleh Aida Hanum Mahmudah, NIM. 17403163194, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri, Pembimbing Dyah Pravitasari S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor-faktor tertentu yang dinilai mampu mempengaruhi mahasiswa akuntansi dalam tingkat pemahaman akuntansi syariah seperti faktor latar belakang pendidikan, perilaku belajar, minat belajar dan motivasi belajar. Namun belum tentu faktor – faktor tersebut bisa mempengaruhi mahasiswa dalam pemahaman akuntansi syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh latar belakang pendidikan, perilaku belajar, minat belajar dan motivasi belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah mahasiswa jurusan akuntansi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Tulungagung secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh 90 responden sebagai sampel. Dimana respondenya mahasiswa yang sudah menerima materi akuntansi syariah jurusan akuntansi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Tulungagung. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan DAN perilaku belajar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah, minat belajar dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah. Sedangkan secara simultan latar belakng pendidikan, perilaku belajar, minat belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi syariah mahasiswa jurusan akuntansi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Tulungagung. Kata Kunci: Latar Belakang Pendidikan, Perilaku Belajar, Minat Belajar, Dan Motivasi Belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 17403163194 Aida Hanum Mahmudah
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:41
Last Modified: 07 Jul 2021 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19924

Actions (login required)

View Item View Item