LESA ANGGRA WISTU, 12204173158 (2021) KEMAMPUAN IDEAL PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (694kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (470kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: IDEAL Problem Solving, Aritmatika Sosial, Kemampuan Matematika Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu hal yang diperlukan dalam pembelajaran pada kurikulum 2013. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematika di Indonesia masih tergolong rendah. IDEAL problem solving merupakan langkah pemecahan masalah yang diperkenalkan oleh Bransford dan Stein. IDEAL merupakan singkatan dari I-Identify problems and opportunities, D-Define goal, E-Explore possible strategies, A-Anticipate outcomes and act, dan L-Look back and learn. IDEAL problem solving dapat membantu mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan matematika yang berbeda-beda mengakibatkan siswa memiliki perbedaan kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan IDEAL problem solving siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan aritmatika sosial, 2) Kemampuan IDEAL problem solving siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan aritmatika sosial, 3) Kemampuan IDEAL problem solving siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Srengat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan IDEAL problem solving siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan aritmatika sosial sudah mampu memenuhi kategori baik pada semua indikator yaitu identify problems and opportunities; define goals; explore possible strategies; anticipate outcomes and act; dan look back and learn; sehingga termasuk dalam kategori baik, 2) Kemampuan IDEAL problem solving siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan aritmatika sosial mampu memenuhi kategori baik pada indikator identify problems and opportunities dan define goals serta kategori cukup pada indikator explore possible strategies; anticipate outcomes and act; dan look back and learn; sehingga termasuk dalam kategori cukup, 3) Kemampuan IDEAL problem solving siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan aritmatika sosial mampu memenuhi kategori cukup pada indikator identify problems and opportunities dan define goals serta kategori kurang pada indikator explore possible strategies; anticipate outcomes and act; dan look back and learn; sehingga termasuk dalam kategori kurang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173158 LESA ANGGRA WISTU |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 03:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20182 |
Actions (login required)
View Item |