ESTITI RIFNGATUL KAMILA, 12201173329 (2021) PENERAPAN METODE KETELADANAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (288kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (299kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Peserta Didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ditulis oleh Estiti Rifngatul Kamila, NIM. 12201173329, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung. Dosen pembimbing Prof. Dr. Drs. H. Munardji, M.Ag., NIP. 195412181986021001. Kata Kunci: Metode Keteladanan Guru, Akhlak Terpuji Peserta Didik Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang lebih masih memiliki akhlak buruk dalam bersikap, seperti belum menerima pembelajaran dengan baik, belum mengerjakan tugas rumah dengan baik, dan belum berpakaian lengkap dengan atributnya, sedangkan metode keteladanan menjadi metode pembelajaran paling penting di MTs Al-Huda Bandung. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi: (1) Bagaimanakah perencanaan metode keteladanan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik di MTs Al-Huda Bandung? (2) Bagaimanakah pelaksanaan metode keteladanan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik di MTs Al Huda Bandung? (3) Bagaimanakah dampak metode keteladanan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik di MTs Al-Huda Bandung? Tujuan penelitian ini dilakukan yakni: (1) Mendeskripsikan perencanaan metode keteladanan yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik di MTs Al-Huda Bandung, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode keteladanan yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik di MTs Al-Huda Bandung, (3) Mendeskripsikan dampak metode keteladanan yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik di MTs Al Huda Bandung. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi: (1) perencanaan metode keteladanan yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik dilaksanakan melalui rapat yang menghasilkan beberapa program kegiatan (2) pelaksanaan metode keteladanan yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik melalui keteladanan yang secara langsung dicontohkan oleh guru, (3) Dampak metode keteladanan yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlak terpuji peserta didik meliputi moral peserta didik menjadi terkontrol, peserta didik memiliki sopan santun, berpakaian rapi, mematuhi perintah guru dan orang tua, bersedia melakukan shalat berjama‟ah baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173329 Estiti Rifngatul Kamila |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 03:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20184 |
Actions (login required)
View Item |