ALFI WULANDARI, 12204173171 (2021) PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Teori APOS pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Alfi Wulandari, NIM. 12204173171, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) , pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Teori Apos, Teorema Pythagoras, Minat Belajar Pemahaman konsep sangat penting dalam belajar Matematika. Hasil belajar matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya tingkat pemahaman siswa terhadap konsep matematika itu sendiri. Namun temuan di lapangan menunjukkan hasil belajar matematika masih rendah. Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman konsep siswa dalam mempelajari matematika, peneliti menggunakan teori APOS, karena teori APOS dapat digunakan sebagai alat analisis untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai suatu konsep matematika. Salah satu topik bahasan matematika yang dapat dianalisis dengan teori APOS adalah materi Teorema Pythagoras. Banyak faktor dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika, salah satunya adalah minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian yang mengintegrasikan pemahaman konsep, teori APOS, dan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dengan minat belajar tinggi pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS; (2) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dengan minat belajar sedang pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS; dan (3) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dengan minat belajar rendah pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peran peneliti dalam penelitian adalah sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat belajar untuk pemilihan subjek penelitian, tes pemahaman konsep, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman konsep siswa pada materi Teorema Pythagoras dengan minat belajar tinggi dapat mencapai seluruh tahapan teori APOS yaitu tahap aksi, proses, objek, dan skema; (2) Pemahaman konsep siswa dengan minat belajar sedang pada materi Teorema Pythagoras dapat mencapai tahap aksi, proses, dan objek, sedangkan tahap skema belum tercapai dengan maksimal; dan (3) Pemahaman konsep siswa dengan minat belajar rendah pada materi Teorema Pythagoras belum mampu mencapai tahap proses, objek, dan skema, subjek hanya mencapai tahap aksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173171 ALFI WULANDARI |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 03:07 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 03:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20185 |
Actions (login required)
View Item |