STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

PUTRI ASNITA IRMASARI, 12201173323 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Putri Asnita Irmasari, NIM. 12201173323, pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. NIP. 196602012007011002. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Fikih Strategi pembelajaran merupakan desain yang harus dirancang oleh seorang guru terkait pembelajaran yang akan dilakukan. Fenomena yang ada sekarang, banyak penggunan strategi pada pembelajaran yang kurang efektif. Terlebih pada mata pelajaran Fikih sering dianggap membosankan apabila guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Sehingga dibutuhkannya strategi yang tepat oleh guru Fikih guna meningkatkan motivasi belajar siswa agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung (3) Bagaimana hasil strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hasil strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah: kualitatif, jenis: studi kasus. Metode pengumpulan data: observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa adalah menanam kepada siswa akan pentingnya belajar ilmu fikih, menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi atau praktik yang disesuaikan dengan materi, menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dan bercerita tentang para tokoh agama Islam (2) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ektrinsik siswa adalah dengan pemberian tugas baik individu maupun kelompok, pelaksanaan ulangan, pemberian nilai, dan pemberian hadiah kepada peserta didik yang mendapat nilai bagus. (3) Hasil strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa adalah menjadikan siswa lebih giat belajar, religius siswa menjadi lebih baik dan meningkatnya hasil belajar siswa dengan prosesntase 3,5% dilihat dari penilaian harian siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fiqih > Ibadah Sunnah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173323 PUTRI ASNITA IRMASARI
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:39
Last Modified: 10 Aug 2021 05:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item