MUHAMMAD ZAINUL ANWAR, 12204173072 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR RELASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PLSV KELAS VII DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK DI MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (822kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (444kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (737kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (457kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (326kB) |
Abstract
"Abstrak" Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Relasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PLSV Kelas VII Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Zainul Anwar, NIM. 12204173072, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Berpikir Relasional, Pemecahan Masalah, Kecerdasan Majemuk. Kemampuan berpikir relasional merupakan proses berpikir seseorang dengan merelasikan pengetahuan atau informasi yang telah didapatkan, dengan pengetahuan yang baru didapatkan dalam memecahkan suatu permasalahan. Pemecahan masalah dalam matematika yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda, walaupun permasalahan yang dihadapi sama. Kecerdasan majemuk yang berbeda-beda juga memengaruhi peyelesaian masalah oleh siswa. Kecerdasan majemuk merupakan suatu anugrah yang dimiliki seseorang untuk mampu menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya sesuai dengan kemampuan dasarnya yang dibawa sejak lahir. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir relasional siswa dengan kecerdasan majemuk linguistik dalam menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir relasional siswa dengan kecerdasan majemuk visual spasial dalam menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir relasional siswa dengan kecerdasan majemuk logis matematis dalam menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel siswa kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTs Darul Falah Sumbergempol. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan kecerdasan linguistik, 2 siswa dengan kecerdasan visul spasial dan 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mengolah dan mempersiapakan data, ,membaca keseluruhan data dan menganalisis lebih detail dengan mencoding data. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan/keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan berpikir relasional siswa dengan kecerdasan linguistik dalam menyelesaikan PLSV hanya mampu memenuhi indikator berpikir relasional pada kategori emerging relational thinking. ( 2) Kemampuan berpikir relasional siswa dengan kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan masalah PLSV sudah mampu memenuhi indikator berpikir relasional pada kategori consolidating relational thinking. (3) Kemampuan berpikir relasional siswa dengan kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah PLSV mampu memenuhi indikator berpikir relasional dengan baik pada kategori estabilished relational thinking.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204173072 MUHAMMAD ZAINUL ANWAR |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:27 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20387 |
Actions (login required)
View Item |