ALFIANA, 17208163020 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (623kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (508kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (464kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Materi Virus Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA/MA Pada Pembelajaran Jarak Jauh” ini ditulis oleh Alfiana, NIM. 17208163020, pembimbing Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Pengembangan E-Modul, Virus, Minat Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan kegiatan pembelajaran itu sendiri adalah untuk menciptakan pembelajaran yang efisien serta disenangi oleh peserta didik juga merupakan tujuan pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang ada. Adanya era pandemi Covid-19, virus menjadi makhluk yang populer pada masa sekarang ini, namun materi virus dianggap sebagai materi yang kompleks dan abstrak. Setelah melakukan kegiatan analisis kebutuhan terhadap peserta didik SMAN 1 Gondang dapat disimpulkan bahwasannya dalam mempelajari materi virus membutuhkan pembelajaran yang efisien dengan media pembelajaran yang diminati oleh peserta didik serta menunjang digunakan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). E-Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena penyampaian E-Modul dapat disampaikan dimana saja dan kapan saja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan E-Modul materi virus yang dihasilkan, (2) Mendeskripsikan hasil validasi ahli dan keterbacaan siswa terkait E-Modul materi virus yang dihasilkan, (3) Mendeskripsikan pengaruh E-Modul materi virus yang dikembangkan terhadap minat siswa kelas X SMA/MA pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian ini dikembangkan menjadi E-Modul sebagai bahan ajar mata pelajaran Biologi materi virus. Penyusunan angket digunakan dalam mengumpulkan data hasil validasi kelayakan bahan ajar E-Modul Virus akan dijawab oleh responden yang meliputi ahli materi, ahli media, serta subyek uji coba yang meliputi Siswa kelas X SMAN 1 Gondang, serta melakukan kegiatan penilaian secara wawancara kepada ibu guru pengampu mata pelajaran Biologi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan skala Likert dengan rentan skor skala empat dan kategori skala penilaian telah ditentukan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) E-modul Virus yang dikembangkan dengan Format PDF (Portable Document Format) yang meliputi komponen cover, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan modul, kompetensi dan tujuan yang menunjang materi, peta konsep yang digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar, penyajian materi virus yang meliputi pengertian virus, ciri-ciri virus, struktur virus, bentuk-bentuk virus, replikasi dan perkembangbiakan virus, klasifikasi virus, virus yang merugikan dan virus yang menguntungkan, selain itu juga terdapat soal latihan yang dikerjakan setiap selesai kegiatan pembelajaran, soal-soal evaluasi serta soal tantangan. (2) Bahan ajar E modul Virus yang dikembangkan dinyatakan “Layak digunakan” sebagai sumber belajar, baik ditinjau dari kelayakan ahli materi, ahli media, ibu guru pengampu maupun uji keterbacaan siswa. Hal ini dapat dibuktikan hasil kelayakan dari ahli materi dengan total skor 89 atau 74,16% berada pada kategori “Layak”. Kelayakan dari ahli media dengan total skor 93 atau 72,65% berada pada kategori “Layak”. Kelayakan dari ibu guru pengampu yang menyatakan bahwa bahan ajar E-modul Virus yang dianggap layak digunakan serta mampu meningkatkan minat peserta didik. Sedangkan hasil Uji Keterbacaan Siswa terhadap Bahan Ajar E Modul yang dikembangkan mendapatkan skor 87,25% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Bahan ajar E-modul Virus yang dikembangkan dinyatakan “Sangat Layak digunakan” sebagai sumber belajar guna meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. Hal ini ditinjau dari angket penilaian penggunaan E-Modul Virus terhadap minat siswa yang diterapkan pada pembelajaran jarak jauh yang menunjukkan angka 84,25%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208163020 ALFIANA |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 07:42 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20398 |
Actions (login required)
View Item |