LARASATI CIPTIA NINGRUM, 12204173091 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (833kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (392kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (683kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (252kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (154kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Spasial dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII MTs Negeri 8 Tulungagung”. Disusun oleh Larasati Ciptia Ningrum, pembimbing Eni Setyowati., S.P., S.Pd., MM. Kata Kunci: Double Loop Problem Solving (DLPS), Kemampuan Spasial, Pemecahan Masalah. Kemampuan spasial adalah kemampuan siswa dalam menyatakan kedudukan, mengidentifikasi gambar, membayangkan bentuk dari sudut pandang tertentu, dan menginvestigasi suatu obyek geometri. Sedangan pemecahan masalah adalah kemampuan siswa dalam memahami, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali suatu permasalahan matematika berdasaran pembentukan pengetahuannya sendiri. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial dan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Negeri 8 Tulungagung masih rendah, hal ini disebabkan karena kurang bervariasinya model pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Double Loop Problem Solving efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa dalam materi geometri kelas VII di MTs Negeri 8 Tulungagung, (2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Double Loop Problem Solving efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi geometri kelas VII di MTs Negeri 8 Tulungagung, (3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran Double Loop Problem Solving efektif terhadap kemampuan spasial dan pemecahan masalah siswa dalam materi geometri kelas VII di MTs Negeri 8 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Lokasi penelitian adalah MTs Negeri 8 Tulungagung. Subyek penelitian yang diambil adalah 2 kelas dari 5 kelas, yaitu VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas VII MTsN 8 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai uji-t sebesar 1,830 > 1,670, (2) Model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Negeri 8 Tulungagung yang ditunjukkan dari hasil uji-t sebesar 6,144 > 1,670, (3) Model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) efektif terhadap kemampuan spasial dan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Negeri 8 Tulungagung yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | NINGRUM LARASATI CIPTIA |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 03:34 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20410 |
Actions (login required)
View Item |