ULLI TIYAS RACHMAWATI, 12201173458 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM KHATMIL QURAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ALQURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 7 DI MTS NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (614kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Program Khatmil Quran dalam Meningkatkan Minat Baca Alquran pada Peserta Didik Kelas 7 di MTs Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Ulli Tiyas Rachmawati, NIM. 12201173458, pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. NIP. 19690331 199403 1 002. Kata Kunci: Khatmil quran, Minat baca, Alquran Masih rendahnya kesadaran akan membaca Alquran dengan pembiasaan membaca Alquran pada peserta didik sebagai pembentukan kepribadian yang baik pada peserta didik. Penerapan pembiasaan membaca Alquran dengan program khatmil quran akan mempengaruhi tingkat minat membaca Alquran pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan implementasi program khatmil quran dalam meningkatkan minat baca Alquran pada peserta didik kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi program khatmil quran dalam meningkatkan minat baca Alquran pada peserta didik kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung?, (3) Bagaimana hambatan dan solusi implementasi program khatmil quran dalam meningkatkan minat baca Alquran pada peserta didik kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabshan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi data, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program khatmil quran dalam meningkatkan minat baca Alquran pada peserta didik sebagai pembiasaan membaca Alquran, membaca Alquran dapat menenagkan jiwa, membentuk kepribadian yang baik dan dapat memanfaatkan waktunya dengan baik. 2) Pelaksanaan khatmil quran dalam meningkatkan minat baca Alquran peserta didik menjalankan sunnah Rasullullah, membentuk akhlak yang baik bagi peserta didik diantaranya yaitu: jujur, disiplin, istiqomah, bertanggung jawab, pendidik sebagai suri teladan yang baik bagi peserta didik dan mendapatkan manfaat ataupun fungsi dari membaca Alquran. 3) Hambatan dalam program khatmil quran dalam meningkatkan minat baca Alquran pada peserta didik yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, bermain dengan teman sebanyanya dan faktor lingkungan. Adapun solusi dalam program khatmil quran dalam meningkatkan minat baca Alquran pada peserta didik pendidik selalu memotivasi, mengingatkan, selalu membiasakan membaca Alquran dan pemberian punishment kepada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173458 ulli tiyas rachmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20459 |
Actions (login required)
View Item |