MUHAMAD AGUNG HIDAYAT ALI, 12201173233 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS (Studi Multi Kasus di SMAN 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Budaya Religius (Studi multikasus di SMAN 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek)” ini ditulis oleh Muhamad Agung Hodayat Ali, NIM. 12201173233, Pembimbing Dr. H. Abd. Azis, M Pd.I., Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Budaya Religius Fenomena krisis moral yang terjadi saat ini merupakan masalah yang serius dan perlu dituntaskan. Maka dari itu diperlukan pendidikan karakter di sekolah agar para remaja terbentuk prilakunya sehingga tidak terjadi penyimbangan di sekolah ataupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religious di SMAN 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religious di SMAN 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek dan, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religious di SMAN 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multikasus. Adapun subjeknya adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, dan guru bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses perencanaan pendidikan karakter dalam budaya religius di SMAN 2 Trenggalek dilakukan melalui beberapa hal, yaitu : menetapkan 8 standar karakter siswa, mengembangkan budaya religius sekolah, dan menyediakan fasilitas pendukung pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan budaya religius sedangkan proses perencanaan pendidikan karakter dalam budaya religius di MAN 1 Trenggalek dilakukan melalui beberapa hal, yaitu: menetapkan 10 standar karakter siswa, mengembangkan budaya religius sekolah, menyediakan fasilitas pendukung, (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius di SMAN 2 Trenggalek dilakukan dengan pendekatan pembiasaan dan keteladanan melalui kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan tahunan. Dan pelaksanaan pendidikan karakter dalam budaya religius di MAN 1 Trenggalek dilakukan dengan pendekatan pembiasaan dan keteladanan melalui kegiatan keagamaan yang terdapat di dalam KBM, dan program rutin sekolah, dan evaluasi pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius di SMAN 2 Trenggalek dilakukan melalui pemantauan dan pengawasan kegiatan siswa sehari-hari, membuat absensi kegiatan serta mengedakan evaluasi per bulan, (3) evaluasi pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius di MAN 1 Trenggalek sama dengan di SMAN 2 trenggalek
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173233 MUHAMAD AGUNG HIDAYAT ALI |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 03:05 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21003 |
Actions (login required)
View Item |