PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI METODE PEMBIASAAN PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KUNJANG KEDIRI

NIHLATUN NAFISAH, 12201173006 (2021) PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI METODE PEMBIASAAN PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KUNJANG KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius melalui Metode Pembiasaan Peserta Didik di SMPN 1 Kunjang Kediri” ini ditulis oleh Nihlatun Nafisah, NIM 12201173006, pembimbing Mohammad Ja’far As-Shodiq, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, PAI, Pembentukan Karakter Religius Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kunjang Kediri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejadian yang kita temui saat ini bahwasannya semakin hari semakin banyak orang yang minim akan pengetahuan beragama. Banyak dari anak-anak yang orangtuanya acuh terhadap pendidikan agamanya sehingga diri mereka kurang tertanam karakter religius. Akibatnya anak yang tidak memiliki karakter religius dalam dirinya mudah sekali terombang ambing jalan hidupnya, mengikuti mana saja trend yang sedang hits pada masanya tidak melihat apakah itu berdampak baik ataupun buruk bagi kehidupannya. Anak yang berada dimasa remaja sangat mudah terpengaruh oleh karena itu lembaga pendidikan (sekolah) berhak andil memegang perannya dalam mendidik peserta didik dalam membentuk karakter religius dalam diri pribadinya. Mengenai hal tersebut guru PAI dapat memegang peranan yang utuh karena bersambung dengan pelajaran yang diajarkan dan dapat membuat sebuah pembiasaan demi membentuk karakter religius dalam diri peserta didik. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius melalui metode pembiasaan peserta didik di SMPN 1 Kunjang Kediri. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalu metode pembiasaan pembacaan Asmaul Husna di SMPN 1 Kunjang Kediri? 2). Bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan sholat berjama’ah di SMPN 1 Kunjang Kediri? 3). Bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan pembacaan Istighosah di SMPN 1 Kunjang Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan pembacaan Asmaul Husna di SMPN 1 Kunjang Kediri. 2). Untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan sholat berjama’ah di SMPN 1 Kunjang Kediri. 3). Untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan pembacaan Istighosah di SMPN 1 Kunjang Kediri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dipaparkan secara deskriptif dan fokus pada studi kasus yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, mengadakan membercheck, melakukan analisis negatif atau mencari data yang berbeda dengan yang telah ditemukan, dan menggunakan bahan referensi untuk membuktikan data yang telah ditemukan. Hasil penelitian ini adalah: 1). Peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan pembacaan Asmaul Husna dengan memberikan contoh baik berupa pembacaan Asmaul Husna sebelum memulai pembelajaran, peserta didik juga diberikan contoh dengan sikap disiplin berupa pembiasaan pembacaan Asmaul Husna yang dilaksanakan setiap hari walau sedang upacara dihari senin, selanjutnya karena sekolah memiliki program literasi yang dicanangkan secara nasional maka program literasi tersebut dilaksanakan 15 menit sebelum jam pertama dimulai dengan diawali doa bersama, peserta didik juga diberikan teks Asmaul Husna oleh guru PAI sebagai penunjang berlangsungnya pembiasaan pembacaan Asmaul Husna di SMPN 1 Kunjang Kediri, dan guru PAI juga memberikan pemahaman mengenai keutamaan membaca Asmaul Husna. 2). Peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan sholat berjama’ah berupa ajakan kepada peserta didik untuk melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah dan pemberian contoh untuk tepat waktu dalam melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim berupa sholat dhuhur secara berjama’ah, guru PAI juga melatih tanggung jawab peserta didik melalui petugas muadzin sholat serta memperkuat keteguhan peserta didik agar senantiasa melaksanakan sholat berjama’ah. 3). Peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan pembacaan Istighosah. Guru PAI senantiasa mengkondisikan peserta didiknya untuk melaksanakan pembacaan Istghosah dengan harapan dapat diberikan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru PAI mampu menjadi contoh dan suri tauladan dalam pelaksanaan pembiasaan pembacaan Istighosah, serta guru PAI juga memberikan pemahaman mengenai keutamaan pembacaan Istighosah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173006 Nihlatun Nafisah
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:36
Last Modified: 20 Aug 2021 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item