U B A I D I L A H, U B A I D I L A H (2011) OPTIMALISASI PERKEMBANGAN MORAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL MUBALLIGHIN SUKOREJO KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
Cover-Abstrak.docx Download (110kB) |
|
Text
BAB I-V (revisi).doc Download (391kB) |
Abstract
Kata Kunci: Fungsi Madrasah Diniyah, Lembaga Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa Madrasah Diniyah sebagai salah satu lembaga pendidikan agama Islam mayoritas siswanya adalah mereka yang mengikuti pendidikan formal di pagi hari. Ini membuktikan bahwa peran Madrasah Diniyah dalam pendidikan Islam sangat penting. Selain untuk mengajarkan keilmuan agama Islam juga berfungsi untuk membentuk karakter siswa yang bermoral sesuai dengan ajaran Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Apakah fungsi Madrasah Diniyah di Madrasah Diniyah Diniyah Tarbiyatul Muballghin Sukorejo Kota Blitar?. 2) Mengapa siswa membutuhkan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Sukorejo Kota Blitar?. 3) Bagaimana fungsi pembinaan moral siswa di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Muballighin Sukorejo Blitar? Pola penelitian ini adalah menggunakan pola kualitatif deskriptif. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Teknik analisis induktif dan teknik analisis data komparatif konstan (Constant Comparative Method of Data Analisys). Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Fungsi Madrasah Diniyah adalah: a) memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan agama Islam, b) mewujudkan siswa yang berakhlak mulia melalui mata pelajaran akhlak, c) menanamkan nilai-nilai moral melalui peraturan yang dijalankan oleh Madrasah Diniyah. 2. Siswa membutuhkan Pendidika Agama Islam di Madrasah Diniyah karena: a) siswa dapat memperoleh pendidikan dan pengajaran tentang pengetahuan agama Islam yang tidak didapatkan di sekolah formal, b) kurikulum madrasah diniyah disusun secara sederhana dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, c) madrasah diniyah bertujuan mendidik siswa agar memiliki akhlakul karimah (moral yang baik), d) madrasah diniyah berfungsi meningkatkan kemampuan siswa dalam ilmu agama. 3) Fungsi Pembinaan moral siswa di Madrasah Diniyah adalah: a) mengadopsi kurikulum pesantren yang dipadukan dengan kurikulum departemen agama dalam proses pembelajaran, b) meningkatkan keimanan siswa dengan ikut serta dalam kegiatan keagamaan, c) meningkatkan kemampuan santri dalam bidang organisasi, d) melatih kemampuan santri di bidang kemasyarakatan dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan (PKL), e) Meningkatkan kemampuan santri dalam mengamalkan ajaran Islam di lembaga pendidikan agama Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 01:23 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 01:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2137 |
Actions (login required)
View Item |