PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS DI MIN 7 TULUNGAGUNG

RANY WIDYA ULFANINGRUM, 12205173002 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rany Widya Ulfaningrum, NIM: 12205173002. 2021. Penanaman Nilai-nilai Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Tematik Muatan IPS di MIN 7 Tulungagung. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Penanaman Nilai-nilai Sosial, Pembelajaran Daring, Pelajaran Tematik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan nilai sosial yang mulai memasuki dunia pendidikan, ditambah dengan adanya wabah covid-19 yang mengakibatkan proses pendidikan dilakukan secara daring, sehingga sosialisasi antar peserta didik semakin berkurang dan pembiasaan sikap sosial juga sulit dilakukan. Untuk itu diperlukan penanaman nilai-nilai sosial melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik muatan IPS. Pelajaran Tematik adalah pelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran ke dalam satu Tema yang berbasis pendidikan karakter, materi di dalamnya memuat nilai-nilai sosial yang dapat disampaikan melalui pembelajaran daring. Pentingnya internalisasi nilai-nilai sosial yang meliputi tanggung jawab, peduli sosial dan santun adalah untuk menjadikan peserta didik mampu mengamalkan nilai sosial tersebut dengan benar hingga mereka dewasa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses penanaman nilai sosial tanggung jawab peserta didik melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik muatan IPS kelas IV MIN 7 Tulungagung? 2) Bagaimana proses penanaman nilai peduli sosial peserta didik melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik muatan IPS kelas IV MIN 7 Tulungagung? 3) Bagaimana proses penanaman nilai sosial santun peserta didik melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik muatan IPS kelas IV MIN 7 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MIN 7 Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitiannya: 1) Penanaman nilai sosial tanggung jawab melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik muatan IPS dapat dilakukan dengan pemberian nasehat dan motivasi, pemberian tugas dengan batasan waktu, penggunaan pendekatan kontekstual, penggunaan metode diskusi, pemberian reward dan punishment. 2) Penanaman nilai peduli sosial melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik muatan IPS dapat dilakukan dengan pemberian motivasi dan nasehat, guru sebagai teladan, penggunaan pendekatan kontekstual, penggunaan model pembelajaran PBL, penggunaan metode diskusi. 3) Penanaman nilai sosial santun melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik muatan IPS dapat dilakukan dengan pembiasaan 3S, guru sebagai role model, pemberian pemahaman pentingnya berperilaku santun, pemberian reward dan punishment, penggunaan metode tanya jawab, penugasan dan diskusi, penggunaan pendekatan kontekstual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173002 RANY WIDYA ULFANINGRUM
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:25
Last Modified: 27 Aug 2021 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item