PROBLEMATIKA ORANG TUA PEDAGANG DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA DI RA AL FURQON 1 TULUNGAGUNG

FITRIA UMI ROFIQOH, 12206173009 (2021) PROBLEMATIKA ORANG TUA PEDAGANG DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA DI RA AL FURQON 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitria Umi Rofiqoh. NIM. 12206173009. Problematika Orang Tua Pedagang dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Siswa di RA Al Furqon 1 Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Problematika, Orang Tua Pedagang, Pembelajaran Daring Masa pandemi covid-19 yang menyerang beberapa negara yang ada di dunia memberikan beberapa dampak yang sangat kuat pada beberapa bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus ini, yaitu dengan melakukan pembatasan berbagai aktivitas termasuk diantaranya sekolah. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara daring. Perubahan ini tentu saja menimbulkan beberapa kendala yang dialami oleh guru, siswa maupun orang tua siswa. Peran orang tua sangat penting dalam pembelajaran daring ini, disisi lain orang tua juga harus bekerja untuk menyukupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana orang tua pedagang dalam mendampingi proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 terhadap siswa di RA Al Furqon 1 Tulungagung, (2) untuk mengetahui apa saja kendala orang tua pedagang mendampingi anak dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 terhadap siswa di RA Al Furqon 1 Tulungagung, (3) untuk mengetahui bagaimana solusi orang tua dalam menghadapi kendala pada proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 terhadap siswa di RA Al Furqon 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya yaitu guru kelompok, orang tua pedagang dan siswa B1 RA Al Furqon 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat dan pemeriksaan dengan teman sejawat. Hasil dan temuan penelitian skripsi ini adalah pertama, pelaksanaan pembelajaran daring melalui whastapp group guru mengirimkan materi berupa teks narasi, foto, video, dan pesan suara sebagai pendukung materi yang disampaikan. Pola asuh orang tua yang dipilih dan cocok diterapkan pada anak ketika mendampingi anak dalam pembelajaran daring yaitu pola asuh demokratis. Kedua, kendala yang dihadapi orang tua pedagang adalah: (1) kesulitan dalam pemenuhan perangkat daring, (2) kurangnya media pembelajaran, (3) kurangnya pemahaman materi orang tua, (4) kesulitan mengoperasikan gadget, (5) kurangnya kesabaran orang tua, (6) kurangnya waktu orang tua mendampingi belajar anak, (7) kesulitan menumbuhkan minat belajar anak. Ketiga, solusi orang tua pedagang dalam menghadapi kendala pada proses pembelajaran daring adalah: (1) meluangkan waktu, (2) menambah wawasan dan pengetahuannya, (3) menjalin komunikasi yang baik dengan guru, (4) bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan belajar, (5) memberikan dorongan dan motivasi, (6) bantuan subsidi kuota dari pemerintah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S1 12206173009 FITRIA UMI ROFIQOH
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:13
Last Modified: 31 Aug 2021 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21589

Actions (login required)

View Item View Item