MUHAMMAD SHOBIR, 17210163090 (2020) PROBLEMATIK PERKULIAHAN JARAK JAUH PADA DOSEN DAN MAHASISWA TADRIS BAHASA INDONESIA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Problematik Perkuliahan Jarak Jauh pada Dosen dan Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Institut Agama Islam Negeri Tulungagung” ditulis oleh Muhammad Shobir, NIM. 17210163090, dengan bimbingan Muyassaroh, S.S., M. Pd.. Kata kunci: problematik, perkuliahan jarak jauh Penelitian ini membahas problematik perkuliahan jarak jauh pada dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Perkuliahan jarak jauh dilaksanakan di IAIN Tulungagung untuk menjadi solusi di tengah pandemi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya perkuliahan tatap muka. Namun, perkuliahan jarak jauh tersebut menimbulkan problematik tersendiri bagi dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung. Terkait hal ini, peneliti menganalisis problematik perkuliahan jarak jauh yang muncul pada dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) pelaksanaan perkuliahan jarak jauh di Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung, (2) problematik dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung dalam melaksanakan perkuliahan jarak jauh, dan (3) upaya yang dilakukan dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung untuk mengatasi problematik perkuliahan jarak jauh. Sesuai fokus penelitian tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pelaksanaan perkuliahan jarak jauh di Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung, (2) problematik dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung dalam melaksanakan perkuliahan jarak jauh, dan (3) upaya yang dilakukan dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung untuk mengatasi problematik perkuliahan jarak jauh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pemvalidasian data menggunakan metode cek member (member check) dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan perkuliahan jarak jauh yang dilaksanakan di Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung adalah perkuliahan daring (dalam jaringan). Perkuliahan daring dilaksanakan dengan dua cara, yaitu sinkronus dan asinkronus. Problematik dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung dalam melaksanakan perkuliahan jarak jauh adalah problematik internal (berasal dari diri individu) dan problematik eksternal (berasal dari luar diri individu). Problematik internal yang muncul adalah problematik psikologis dan fisiologis; dan problematik ekternal yang muncul adalah problematik materi pembelajaran, metode pembelajaran, sarana-prasarana, dan lingkungan. Upaya yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung untuk mengatasi problematik perkuliahan jarak jauh adalah upaya aktif dan pasif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Daring Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163090 Muhammad Shobir |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 03:48 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21638 |
Actions (login required)
View Item |