M. FIQHI DINI FAJAR BASHOFI, 17201163457 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING UNTUK MENINGKATKAN MAHIR BACA DAN PEMAHAMAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Mahir Baca dan Pemahaman Santri Madrasah Diniyah Ula Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar” ditulis oleh M. Fiqhi Dini Fajar Bashofi, NIM. 17201163457. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Mahir Baca dan Pemahaman Santri. Pengajian kitab kuning merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan pesantren, karena kitab kuning adalah bagian atau elemen-elemen dalam memberikan ilmu-ilmu keislaman dalam pondok pesantren. Pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengajaran kitab kuning menggunakan sistem klasikal dan non klasikal. Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning dipondok tersebut bertujuan untuk memudahkan santri dalam membaca, menerjemahkan dan memahami materi kitab kuning yang berkaitan dengan ilmu-ilmu keislaman. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendiskripsikan Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Mahir Baca Santri Madrasah Diniyah Ula Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Pemahaman Santri Madrasah Diniyah Ula Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. (3) Untuk mendiskripsikan Hambatan Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Mahir Baca dan Pemahaman Santri Madrasah Diniyah Ula Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis studi kasus (case research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu:(1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu pengujian kredibilitas, Pengujian transferability, triagulasi meliputi triagulasi triagulasi teknik/metode. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Mahir Baca Santri: (a) Ustadz menyiapkan materi dan beberapa pertanyaan yang akan diberikan pada santri. (b) Metode pembelajaran Kitab Kuning menggunakan metode Sorogan dengan teknik ceramah dan langsung. (c) Evaluasi terdiri dari dua bagian yaitu evaluasi langsung dan penilaian tengah dan semester. (d) Hasil pembelajaran Kitab Kuning untuk meningkatkan mahir baca santri yaitu meningkatkan kompetensi membaca santri, menjadi salah satu pendukung pembelajaran di sekolah umum, melatih mental santri, dan menambah perbendaharaan mufrodat/kosa kata. (2) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Pemahaman Santri: (a) Pembelajaran Kitab Kuning melalui perencanaan sederhana/tidak tertulis, perencanaan materi dan bahan ajar, menentukan tujuan, dan menentukan cara mengajar. (b) Metode pembelajaran Kitab Kuning menggunakan metode Sorogan dengan teknik terjemah, mengahafal mufrodat, kaidah nahwu shorof, mengahafal sub-sub materi. dan Metode diskusi/syawir. (c) Evaluasi melalui metode langsung (Tanya jawab) dan penilaian semester. (d) Hasil yang diperoleh melatih santri untuk lebih percaya diri, dapat memahami dan menerapkan qoidah bahasa Arab (nahwu dan sorof), dan mampu memahami isi Kitab Kuning secara keseluruhan. (3) Hambatan Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Mahir Baca dan Pemahaman santri: (a) Kurangnya persiapan Ustadz dan kesulitan memahamkan materi pada santri. Santri malas, kurang disiplin, kurangnya persiapan dalam belajar, tidak lancar membaca dan kurangnya pemahaman, dan kurangnya perbendaharaan kosa kata bahasa Arab. (b) Faktor internal penghambat implementasi pembelajaran yaitu kemampuan/kecerdasan dasar santri, minat dan motivasi belajar. Faktor eksternal penghambat implementasi pembelajaran yaitu lingkungan. (c) Solusi menghadapi kendala/hambatan adalah melalui motivasi internal dan eksternal, Pembiasaan, dan Pengawasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163457 M. FIQHI DINI FAJAR BASHOFI |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 04:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21689 |
Actions (login required)
View Item |