UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN GURU KELAS SELAMA DARING DI MIN 15 MAGETAN

UMMU RIDHA NUR’AFIFAH, 12205173040 (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN GURU KELAS SELAMA DARING DI MIN 15 MAGETAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Bimbingan Guru Kelas Selama Daring di MIN 15 Magetan” yang ditulis oleh Ummu Ridha Nur.’Afifah,NIM 12205173040,jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang di bimbing oleh Mirna Wahyu Agustina, M.Psi.NIP 198608222014032004 Kata Kunci: Upaya Guru, Meningkatkan Minat Belajar Siswa,Bimbingan Guru Kelas Selama Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui bimbingan guru kelas selama daring sangat mempengaruhi akan pentingnya minat belajar melalui bimbingan guru kelas bagi seorang peserta didik pada saat dilakukan pembelajaran daring. Dalam hal ini upaya guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan minat belajar siswa selama daring agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan sempurna. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Upaya Guru melalui Bimbingan Guru Kelas Selama Daring di MIN 15 Magetan. (2) Bagaimana Minat Belajar Siswa Selama Daring di MIN 15 Magetan. (3) Apa saja Hambatan yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Selama Daring di MIN 15 Magetan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian:(1) pendekatan kualitatif,(2) jenis penelitian deskriptif,(3) kehadiran peneliti dilapangan sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data, (4) Tempat penelitian di MIN 15 Magetan dan tempat tinggal siswa dan wali murid, (5) sumber data penelitian adalah data Primer dan data sekunder (6) Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi, (7) Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan,(8) pengecekan keabsahan data penelitian ini meliputi perpanjang pengamatan atau observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber data,waktu,metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru ada 2 yang pertama lewat daring yang kedua lewat luring (2)siswa antusias diawal pembelajaran daring,keterbatasan SDM,orang tua melakukan pendampingan dirumah, menonton televisi, youtabe, handfone(3)tingkat pemahaman siswa sulit lebih enak tatap muka,menunda-nunda waktu bagi siswa yang minatnya tinggi merasa dirugikan,bagi siswa yang minatnya rendah merasa senang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173040 UMMU RIDHA NUR.’AFIFAH
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:27
Last Modified: 08 Sep 2021 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21807

Actions (login required)

View Item View Item