STRATEGI PEMASARAN SUSU SAPI PERAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI KOPERASI TANI JASA TIRTA KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

ELA WIDIASTUTIK, 12405173014 (2021) STRATEGI PEMASARAN SUSU SAPI PERAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI KOPERASI TANI JASA TIRTA KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Susu Sapi Perah dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Koperasi Tani Jasa Tirta Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Ela Widiastutik, NIM. 12405173014, yang dibimbing oleh Dr. Hj.Chusnul Chotimah, M. Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Koperasi Tani Jasa Tirta yang terus berkembang hingga saat ini, hal ini tentunya memiliki strategi tersendiri dalam menjalankan koperasi ini. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Koperasi Tani Jasa Tirta yaitu dengan menjaga kualitas produk agar konsumen tertarik untuk bekerjasama dengan koperasi ini sehingga volume penjualannya akan meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan susu sapi perah di Koperasi Tani Jasa Tirta 2) Apa saja yang menjadi kendala dan solusi dalam pemasaran susu sapi perah di Koperasi Tani Jasa Tirta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara,observasi dan dokumentasi. Data bersumber dari ketua dan koordinator manager di Koperasi Tani Jasa Tirta. Ada tiga metode dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini : 1) strategi pemasaran yang dilakukan oleh Koperasi Tani Jasa Tirta dalam meningkatkan volume penjualan adalah : a) produk, dalam menjaga kualitas produknya harus menjaga keaslian susu, kebersihan susu dan juga harus dengan cepat ; b) harga, yang menentukan harga adalah pabrik meski demikian koperasi ini selalu menjaga kualitas susu sapi peternaknya dengan menyediakan konsentrat yang berkualitas; c) saluran distribusi yang dilakukan koperasi ini dengan melakukan pengawasan gudang dengan menerapkan sisitim SOP yang telah ditetapkan oleh koperasi; d) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh koperasi ini dengan cara menjaga kualitas susu kemudian mempromosikan kepada pabrik untuk diajak bekerjasama. 2) kendala dan solusi : a) kendala internal : Tidak bisa berdiri tanpa adanya mitra, susahnya penjualan pada masa pandemi covid 19. Kendala eksternal : adanya banyak pesaing ; b)solusi kendala internal koperasi menawarkan bekerjasama dengan pabrik dan yang ditawarkan dari koperasi ini adalah tentang kualitas susu yang dimilikinya. koperasi ini mencarai informasi tentang pabrik lain yang mau membeli susu dan akhirnya karena banyak sekali jaringan bisnisnya maka koperasi ini menjual produk susunya ke Jawa Barat. Solusi kendala eksternal memberi pelayanan yang baik dan yang paling utama adalah masalah pembayaran yang tepat waktu. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173014 ELA WIDIASTUTIK
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:10
Last Modified: 10 Sep 2021 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22034

Actions (login required)

View Item View Item