FAJAR ADI SETIAWAN, 12201173328 (2021) FUNGSI PENGURUS DALAM MEMBINA KARAKTER ISLAMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (487kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (649kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (604kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (108kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Fungsi Pengurus dalam Membina Karakter Islami Santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Tulungagung” ini ditulis oleh Fajar Adi Setiawan, NIM: 12201173328, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tahun 2021 yang dibimbing oleh Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S., M.Pd. Kata kunci : fungsi pengurus, karakter Islami dan santri Pendidikan karakter merupakan sebagai upaya yang diusahakan untuk membantu manusia dalam memahami apa saja dalam melaksanakan nilai-nilai etika, terutama pada para santri. Fenomena yang ada sekarang dalam membina karakter perlu dipertanyakan kembali, karena masih banyak di antara mereka yang terlibat tawuran, mabuk-mabukan yang akibat pergaulan yang kurang baik dan selain itu akhlak mereka masih kurang terhadap orang yang lebih tua. Sehingga dalam hal ini pembinaan karakter sangat berperan dalam merubah sikap para pendidik. Oleh karena itu penelitian ini berlatarbelakang masalah tersebut. Internalisasi dalam membina karakter Islami yang memfokuskan pada karakter disiplin, jujur dan sopan santun pada para santri melalui peran pengurus sangat dibutuhkan. Salah satu peran pengurus tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan dan membentuk karakter melalui beberapa upaya yang dilakukan oleh pengurus pondok. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) bagaimana fungsi pengurus dalam membina karakter disiplin santri? (2) bagaimana fungsi pengurus dalam membina karakter jujur santri? (3) bagaimana fungsi pengurus dalam membina karakter sopan santun santri?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan fungsi pengurus dalam membina karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan fungsi pengurus dalam membina karakter jujur santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan fungsi pengurus dalam membina karakter sopan santun santriidiiPondokiPesantreniNurul HudaiTulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil peneltian ini menunjukkan bahawa: (1) fungsi pengurus dalam membina karakter disiplin santri yaitu menerapkan beberapa kegiatan khusus keagamaan, memberikan hukuman positif, menerapkan kebiasaan menaati aturan, menanamkan tanggung jawab, memberikan keteladanan dan nasihat; (2) fungsi pengurus dalam membina karakter jujur santri yakni menanamkan terlebih dahulu pada diri pengurus dari sikap jujur sehingga santri meniru dari apa yang pengurus contohkan, dengan memberikan bimbingan, motivasi, dan dorongan dalam setiap kegiatan demi meningkatkan karakter jujur pada santri; (3) fungsi pengurus dalam membina karakter sopan santun santri yakni dengan memberikan motivasi dan arahan pada santri dalam hal sopan santun, memberikan contoh dalam hal bersikap sopan santun di lingkup pondok maupun masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173328 FAJAR ADI SETIAWAN |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 02:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22224 |
Actions (login required)
View Item |