EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

KRISTI NINGSIH, 12205173140 (2021) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Kristi. 2021. Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Moh. Arif, M. Pd. I Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Online, Mata Pelajaran Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bebrapa waktu yang lalu dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang melanda dunia diakhir 2019 hingga sekarang. Pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk siswa diliburkkan bebrapa waktu namun siswa tetap dianjurkan untuk tetap belajar dari rumah. Akibatnya semenjak saat itu guru dituntut untuk lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar siswa dapat dapan dengan senang, mudah, serta nyaman untuk melakukan pembelajaran dirumah. Salah satunya yang terjadi di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung ini, dimana proses belajar mengajar dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran online pada mata pelajaran matematika siswa MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efektivitas pelaksanaan pembelajaran online pada mata perlajaran matematika siswa MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana kendala dalam pelaksanaan pembelajaran online di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran online di Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datawawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru kelas V dan Kepala Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran online pada mata pelajaran matematika di MI Riyadlotul Uqul Doroampel kurang efektif. 2) faktor kendala yang sering dihadapi dalam pembelajaran online adalah guru tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa, serta tidak stabilnya jaringan internet. 3) Solusi yang dilakuan oleh guru adalah mengadakan agenda belajar bersama dari rumah secara bergiliran agar bisa belajar bersama dalam pengawasan guru dan selalu memberi semangat kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173140 Kristi Ningsih
Date Deposited: 29 Sep 2021 00:47
Last Modified: 29 Sep 2021 00:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22495

Actions (login required)

View Item View Item