Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar: Prisma dan Limas di SMPN 3 Kedungwaru

Hadi, Syaiful (2014) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar: Prisma dan Limas di SMPN 3 Kedungwaru. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian inti.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengalaman pribadi peneliti yang menjumpai bahwa model pembelajaran mind maping ini belum pernah digunakan oleh para guru dalam kegiatan pembelajaran ataupun oleh mahasiswa yang melakukan penelitian guna menyelesaikan skripsi pada sekolah yang dijadikan lokasi penelitian ini. Selain itu, metode pembelajaran yang sering digunakan oleh para guru terkesan monoton sehingga menimbulkan siswa kurang tertarik pada mata pelajaran matematika. Hal ini berdampak siswa tidak dapat memahami dan menangkap materi yang disampaikan secara maksimal. Akibatnya, hasil belajar siswa kurang begitu memuaskan. Hal itulah yang mendorong peneliti untuk menggunakan model pembelajaran mind mapping. sedangkan materi bangun ruang sisi datar: prisma dan limas dipilih karena materi ini adalah materi yang sedang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada materi bangun ruang sisi datar: prisma dan limas? (2) Bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada materi bangun ruang sisi datar: prisma dan limas? (3) Bagaimanakah tanggapan siswa setelah penerapan model pembelajaran Mind mapping? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada materi bangun ruang sisi datar: prisma dan limas? (2) Mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada materi bangun ruang sisi datar: prisma dan limas (3) Mengetahui tanggapan siswa setelah penerapan model pembelajaran Mind mapping Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kelas VIII E SMPN 3 Kedungwaru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara, (2) dokumentasi, (3) observasi, dan (4) tes. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa lebih mudah memahami materi bangun ruang sisi datar yang disampaikan dengan model pembelajaran mind mapping, (2) hasil belajar dan prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan, dan (3) siswa merasa tertarik dengan model pembelajaran mind mapping. xiv

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2014 08:46
Last Modified: 01 Dec 2014 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item