PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP PLUS ISYHAR NGANJUK

DEWI FAIZATUL MUANNISAH, 12211173024 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP PLUS ISYHAR NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Faizatul, Dewi Muannisah, 12211173024, 2021, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di SMP Plus Isyhar Nganjuk. Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Husni Cahyadi Kurniawan, M. Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar Pendidikan menjadi peran penting untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia yang berkualitas dan kemajuan suatu bangsa. Pendidikan terjadi banyak permasalahan seperti kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan, sehingga mempengaruhi keaktifan dan prestasi belajar peserta didik. Model pembelajaran menjadi hal yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas. Peneliti menggunakan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dalam penelitiannya. Penerapan model pembelajaran ini berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap keaktifan peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Plus Isyhar Nganjuk. 2) Pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Plus Isyhar Nganjuk. 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Plus Isyhar Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Plus Isyhar Nganjuk dengan populasi seluruh kelas VIII dan sampelnya adalah kelas VIII-A dan VIII-B. Sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling atau sampling pertimbangan. Cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keaktifan, soal pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Plus Isyhar Nganjuk dengan nilai thitung > ttabel atau 2,429 > 1,693 dan nilai signifikansi 0,021 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Plus Isyhar Nganjuk dengan nilai thitung > ttabel atau 2,078 > 1,693 dan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Plus Isyhar Nganjuk dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173024 DEWI FAIZATUL MUANNISAH
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:36
Last Modified: 04 Oct 2021 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22611

Actions (login required)

View Item View Item