ROISATUNISA, 12201173173 (2021) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SHALAT BERJAMA’AH PESERTA DIDIK KELAS 7 DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi berjudul “Strategi Guru Fikih Dalam Meningkatkan Kualitas Shalat Berjama’ah Peserta Didik di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungangung ”. Skripsi ini ditulis oleh Roisatunisa, NIM 12201173173, Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2021 di bimbing Oleh Dr. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Guru Fikih, Kualitas Shalat Berjama’ah. Tingkat kepahaman peserta didik mengenai shalat sangat beragam. Guru juga perlu memberikan tekanan untuk meningkatkan kualitas shalat berjamaah kepada peserta didik. Terlebih tugas seorang guru fikih selain dituntut untuk memberikan pengetahuan, guru fikih juga bertugas untuk memberikan teladan dalam meningkatkan kualitas shalat siswa dengan harapan agar siswa lebih faham akan pentingnya kualitas shalat berjamaah dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian ini adalah 1). Bagaimana strategi guru fikih melalui rukun shalat dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik kelas 7 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021? 2). Bagaiamana strategi guru fikih melalui syarat sah shalat berjama’ah dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik kelas 7 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021? 3). Bagaimana strategi guru fikih melalui tatacara shalat berjama’ah dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik kelas 7 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui strategi guru fikih melalui rukun shalat dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik kelas 7 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. 2). Untuk mengetahui strategi guru fikih melalui syarat sah shalat berjama’ah dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik kelas 7 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. 3). Untuk mengetahui strategi guru fikih melalui tatacara shalat berjama’ah dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik kelas 7 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus . Lokasi peneliti ini adalah MTs Miftahul Huda Desa Karangsono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Data yang digali berdasarkan dua sumber yaitu sumber data primer dan data Sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian, pengecekan keansahan data menggunakan perpanjang pengamatan, Triangulasi metode, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil Penelitian skripsi ini adalah 1). Strategi guru fikih dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah melalui rukun shalat melalui pemahaman materi dengan menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran, memberikan teladan kepada peserta didik melalui guru memberikan contoh terkait rukun shalat yang sesuai dan memberikan praktik kepada peserta didik melalui peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan praktik satu persatu. 2). Strategi guru fikih dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik melalui syarat sah shalat berjama’ah melalui pemberian pemahaman materi tentang syarat shalat berjama’ah pada saat proses pembelajaran dan melalui pemberian arahan atau bimbingan sebelum melaksanakan shalat terkait ketentuan-ketentuan syarat. 3). Strategi guru fikih dalam meningkatkan kualitas shalat berjama’ah peserta didik melalui praktik pada peserta didik tentang bagaimana tatacara shalat berjama’ah yang tepat, Melalui pembiasaan pada peserta didik untuk mengikuti kegiatan shalat berjama’ah dan melalui pemberian arahan atau bimbingan apabila ada peserta didik yang kurang paham terkait tatacara shalat berjama’ah yang tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | roisa 12201173173 nisa |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 03:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22617 |
Actions (login required)
View Item |