IMA FITRI RAHAYU, 12201173163 (2021) KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ima Fitri Rahayu, NIM. 12201173163 “Kurikulum Program tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung” Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing: Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci: Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur‟an, Madrasah Tsanawiyah Penelitian dilatar belakangi oleh banyaknya para penghafal Al-Qur‟an pada saat ini namun akhlak yang dimiliki para penghafal tersebut belum sepenuhnya seperti apa yang telah dicontohkan oleh Al-Qur‟an, terlebih lagi para penghafal Al-Qur‟an hanya sekedar mengahafalkan saja, setelah hafalan disetorkan, hilanglah hafalan yang dimiliki, salah dalam menggunakan metode, terkadang juga salah dalam menata niat. Hal ini lah yang hars dibenahi oleh para penghafal Al-Qur‟an dalam proses menghafal mulai dari memperbaiki niat, menggunakan metode yang tepat serta mentaddaburi isi dari Al-Qur‟an yang telah dihafalkan. Fokus penelitian: (1) Bagaimana tujuan kurikulum program tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? (2) Bagaimana materi kurikulum program tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? (3) Bagaimana metode kurikulum program tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? (4) Bagaimana evaluasi kurikulum program tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Sedangkan subjek penelitiannya adalah koordinator tahfidz, waka kesiswaan, guru tahfidz Al-Qur‟an, dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa (1) tujuan dari kurikulum program tahfidz Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung adalah menumbuhkan semangat siswa dalam menghafalkan kalam Allah dengan tujuan mencetak generasi muda yang berakhlak Al-Qur‟an, (2) Materi tahfidz dilakukan oleh para pembimbing dan pendamping tahfidz yang disampaikan kepada siswa, dengan hafalan yang dimulai dari Juz Amma, Surah Yaasin dan Surah Al-Kahfi kemudian dilanjutkan dengan menghafal Surah Al-Baqarah dan seterusnya. (3) Metode yang digunakan yang pertama sorogan/setoran, yang kedua metode setoran satu hari lima ayat, dan yang ketiga metode sambung ayat. (4) Evaluasi yang dilakukan dengan mengadakan ujian munakhasah, pemberian nilai kepada siswa, dan mengumpulkan guru penyemak dan pendamping tahfidz Al-Qur‟an setiap tiga bulan sekali demi tercapainya hasil yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173163 ima fitri rahayu |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 03:30 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22622 |
Actions (login required)
View Item |