EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI DI SMK ISLAM 1 DURENAN

ADIANTO, DIDIN LUSKHA YUNI (2015) EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI DI SMK ISLAM 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Bagian Isi.pdf

Download (518kB)
[img] Text
Bagian akhir.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Didin Luskha Y. A., 3211113060, 2015, “Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan”, Skripsi Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Drs. Asrof Syafi’i, M. Ag. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran PAI Skripsi ini mengkaji Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran PAI yang dilaksanakan di SMK Islam 1 Durenan. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan dengan fokus pada perencanaan guru dalam proses evaluasi, pelaksanaan dan tindak lanjutnya. Bisa juga diartikan untuk mengetahui sejauh mana guru Agama dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik khususnya dalam proses evaluasi pembelajaran yang juga merupakan sesuatu yang penting di suatu lembaga pendidikan. Pendidikan adalah sesuatu yang vital di dalam kehidupan. Bahkan di era yang serba maju ini sudah tidak jarang orang yang dapat menempuh pendidikan sampai jenjang yang paling tinggi pada pendidikan formal. Seseorang yang tanpa pendidikan mumpuni, akan terombang-ambing dalam menjalani hidupnya. Salah satu kesuksesan suatu pendidikan tidak hanya dipengaruhi atau didasarkan pada pribadi orang masing-masing, namun juga dapat dipengaruhi dari lingkungan luar. Lingkungan luar turut mempengaruhi keberhasilan suatu pendidikan yaitu peran guru yang berkompeten. Diatara kompetensi guru tersebut sesuai dengan penelitian ini lebih mengacu kepada kompetensi guru dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Sehingga penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan yang menunjukkan bahwa masing-masing guru agama kurang adanya upaya yang matang dan menyeluruh dalam proses dan pengembangan evaluasi pembelajaran terhadap siswa. Hampir di setiap sekolah bahkan setiap guru menjalankan praktikpraktik evaluasi terhadap muridnya dengan cara dan pendapat masing-masing, sehingga tidak melukiskan gambaran yang sebenarnya tentang hasil proses belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, interview mendalam kepada guru PAI, serta tehnik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data untuk dideskripsikan dan melakukan verifikasi. Hasil penemuan ini adalah pertama guru mengadakan proses evaluasi baik dari segi perencanaan, pelaksanaan maupu tindak lanjut. Karena di SMK menggunakan Kurikulum 2013, maka model evaluasinya yaitu berdasarkan Kurikulum 2013 yang mencakup tiga ranah evaluasi terhadap siswa. Tiga ranah tersebut adalah ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Kedua, guru melakukan system evaluasi terpadu dimana tidak hanya guru sebagai penilai, tetapi juga dari teman sejawat antara murid dengan murid. Berbeda dengan kurikulum 2006, yaitu KTSP. Pada KTSP, penilaian masih bersifat global. Yaitu hanya adanya satu kolom penilain di rapor. Sehingga untuk membedakan nilai sikap keterampilan dan pengetahuan akan sangat sulit. Nilai yang tercantum dalam rapor merupakan hasil akumulasi antara ketiga ranah, kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketika nilai hasil sudah ditentukan sesuai dengan prosesnya, guru dapat mengambil tindak lanjut terhadap proses pembelajaran yang akan datang. Sehingga peran evaluasi pembelajaran sangatlah penting di dalam suatu proses pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Didin Tulus
Date Deposited: 16 Sep 2015 06:43
Last Modified: 16 Sep 2015 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item