PENGARUH SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TEHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN KUNIR TAHUN AJARAN 2014/2015

KHOIRUZZAHRO’, M. WILDAN (2015) PENGARUH SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TEHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN KUNIR TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER M WILDAN KHOIRUZZAHRO.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI M WILDAN KHOIRUZZAHRO.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA M WILDAN KHOIRUZZAHRO'.pdf

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Spiritual Quotient (SQ) Dan Motivasi Belajar Tehadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Kunir Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh M. Wildan Khoiruzzahro’, NIM. 3214113104, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag Kata kunci :Spiritual Quotient, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika Pendidikan tidak hanya menjadikan manusia pandai secara intelektual (IQ) saja, melainkan juga pandai dalam mengaplikasikan dan menerapkan pengetahuannya secara benar dan tepat guna, sekaligus menjadi pribadi lebih stabil dan matang secara emosional (EQ) dan spiritual (SQ). Seiring dengan semakin banyaknya penelitian yang dilakukan didapati hasil bahwa kecerdasan spiritual (SQ) memiliki peran yang jauh lebih signifikan jika dibandingkan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ). Dalam proses pendidikan, motivasi merupakan syarat mutlak yang dapat mempengaruhi arah, aktivitas yang di pilih, dan intensitas keterlibatan siswa dalam suatu aktivitas. Motivasi menjadi bagian dari tujuan pengajaran, di mana siswa di harapkan dapat memiliki motivasi untuk belajar yang terbentuk selama mereka mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Berkenaan dengan hal tersebut peneliti meneliti pengaruh Spiritual Quotient (SQ) dan motivasi belajar tehadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir tahun ajaran 2014/2015. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir? (2) Adakah pengaruh Motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir? (3) Adakah pengaruh Spiritual Quotient (SQ) dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Spiritual Quotient (SQ) dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir. Teknik analisia data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara individual dan secara bersama-sama spiritual quotient dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dari masing-masing bebas bernilai positif, seperti yang terlihat pada persamaan regresi linear ganda sebagai berikut: Y=54,187+0,0998X_1+0,0922X_2, artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh spiritual quotient dan motivasi belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) spiritual quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh t_hitung=2,11>t_tabel=1,688 (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh t_hitung=2,39>t_tabel=1,688 (3) spiritual quotient dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika mata pelajaran matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena F_hitung=6,8>F_tabel=3,26. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, disarankan bagi guru matematika untuk lebih memperhatikan spiritual quotient dan motivasi belajar siswa sehingga peningkatan prestasi belajar siswa akan tercapai lebih maksimal. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan menjadikan hasil penelitian ini sebagai inspirasi dalam melakukan penelitian serupa dengan lebih mendalam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: M. WILDAN KHOIRUZZAHRO’
Date Deposited: 21 Sep 2015 03:02
Last Modified: 21 Sep 2015 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item