PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI ROUDLATUL ATHFAL AL KHODIJAH KABUPATEN TULUNGAGUNG

AMINAH, 12206173094 (2021) PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI ROUDLATUL ATHFAL AL KHODIJAH KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Pembelajaran Daring di Raudlatul Athfal Al Khodijah kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Aminah, NIM 12206173094, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata kunci: Pengenalan Lambang Bilangan, Masa Pandemi Covid-19 Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi hasil wawancara yang peneliti lakukan di Raudlatul Athfal Al Khodijah Gesikan Pakel Tulungagung pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak Usia Dini memerlukan bantuan dalam mengembangkan keseluruhan aspek kepribadiannya sebagai dasar bagi tahap perkembangan selanjutnya dan sebagai persiapan untuk memasuki dunia pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Pada masa pandemi ini peran guru dalam mendampingi belajar anak dilalukan dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau biasa disebut dengan sistem pembelajaran daring (dalam jaringan). Raudaltul Athfal Al Khodijah Gesikan Pakel Tulugagung memiliki cara yang menarik dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak usia dini. Guru berinovasi membuat pembelajaran aktif antara guru dan siswa. Pada masa pandemi covid-19 guru mengenalkan lambang bilangan dengan menggunakan jari, kerikil warna dan juga batu- batuan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam mengenalkan lambang bilangan melalui daring di masa pandemi covid 19 di Roudlatul Athfal Al Khodijah desa Gesikan, kecamatan Pakel kabupaten di Tulungagung. 2) Apa sajakah faktor - faktor penghambat dan pendorong anak dalam belajar mengenalkan lambang bilangan melalui daring di masa pandemi covid 19 di Roudlatul Athfal Al Khodijah desa Gesikan, kecamatan Pakel kabupaten di Tulungagung.3) Apa sajakah alat media yang dibutuhkan dalam dalam mengenalkan lambang bilangan melalui daring di masa pandemi covid 19 di Roudlatul Athfal Al Khodijah Gesikan Pakel Tulungagung Teori ini menggunakan teori dari Jean Piaget yang mengungkapkan bahwa asimilasi merupakan proses dimana stimulus baru dari lingkungan diintegrasikan pada pengetahuan yang telah ada pada diri anak. Dan teori kedua dari Jerome Bruner yang mengungkapkan perkembangan kognitif anak usia dini terjadi melalui tahap enaktif, ikonik, simbolik yang ditentukan oleh caranya dalam melihat di sekitaran lingkungan. Hasil penelitian yang peneliti peroleh dari penelitian ini diantaranya yaitu, 1)Peran guru dalam mendidik dan mengajari anak mengenal lambang bilangan dengan menggunakan bantuan jari-jari tangan, kerikil berwarna, dan batuan.,2) Faktor yang menghambat pengenalan lambang bilangan adalah rendahnya kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran,3) Alat dan media menggunakan jari-jari tangan, kerikil dan juga batu-batuan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173094 AMINAH
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:17
Last Modified: 13 Oct 2021 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22779

Actions (login required)

View Item View Item