BINTI DUROIBAH, 12206173083 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI RUMAH (STUDI KASUS DI PAUD TUNAS CERIA DESA PULOTONDO). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (229kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (51kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Duroibah, Binti. 12206173083. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Online di Rumah (Studi Kasus di PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo)“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: M. Ridho Al Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Online. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa dalam masa pandemi covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara Online di rumah. Orang tua menjadi peran utama dalam mendampingi belajar anak di rumah. Banyak orang tua yang lalai, lupa, dan belum tahu cara melaksanakan tugas mendidik anak apalagi dengan cara pembelajaran online. Pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana peran orang tua siswa PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam pembelajaran online di rumah? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran orang tua siswa PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam pembelajaran online di rumah? Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian didapatkan: orang tua berperan sebagai guru, fasilitator, motivator dan pengarah atau direktor dalam pembelajaran online. Orang tua telah berusaha semaksimal mungkin untuk berperan dalam keberhasilan anaknya untuk pembelajaran online di rumah. Orang tua bertanggung jawab dengan pembelajaran anaknya, apalagi dalam masa pandemi covid-19 dimana pembelajaran dilaksanakan secara online di rumah. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan anak di rumah melaui pembelajaran online antara lain latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara online terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran online anak; kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan; jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | Mrs. 12206173083 Binti Duroibah |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:08 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22845 |
Actions (login required)
View Item |