SETYOWATI, YULIA (2011) PENERAPAN QUANTUM TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII-E DI SMPN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2010-2011. [ Skripsi ]
Text
BAB 2.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB 3.doc Download (97kB) |
|
Text
BAB 4.docx Download (340kB) |
|
Text
bab 5.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (59kB) |
|
Text
COVER JUDUL.docx Download (108kB) |
Abstract
Kata Kunci : Meningkatkan hasil belajar siswa, penerapan Quantum Teaching and Learning pada pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat. Berbagai permasalah yang dihadapi dunia Pendidikan khususnya SMPN 6 Tulungagung seperti kurangnya minat belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa membuat Peneliti untuk mengadakan penelitian di SMPN 6 Tulungagung. Dengan pendekatan Quantum Teaching and Learning diharapkan dapat meningkatkan keaktifan, pemahaman dan hasil belajar siswa kelas VII-E SMPN 6 Tulungagung pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi empat khususnya belah ketupat, layang –layang dan trapesium. Permasalahan: (1) Bagaimana penerapan Quantum Teaching and learning pada pokok bahasan Bangun Datar Segi Empat? (2) Bagaiman hasil belajar Matematika dengan Quantum Teaching and Learning pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat ? Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VII E SMPN 6 Tulungagung. Metode pengumpulan data : (1) Tes, (2) Tugas, (3) Wawancara, (4) Observasi, (5) Catatan lapangan.Model analisis data yang digunakan yaitu model alir (flow mode) yang meliputi: (1) Reduksi data, (2) Menyajikan data, (3) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian secara empiris menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Quantum teaching and Learning dapat dilakukan. Penerapan Quantum Teaching and Learning ini dilakukan sesuai dengan sistem –sistem yang ada yaitu TANDUR dan AMBAK. Penerapan Quantum teaching and Learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan hasil tes setiap akhir tindakan. Pada tes Awal Rata-ratanya yaitu 36,95%, Siklus I 58,65%, Siklus II 89, 45% dan Tes Akhir mencapai 93,03%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 03:38 |
Last Modified: | 21 Sep 2015 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2316 |
Actions (login required)
View Item |