STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MTSN 2 KOTA BLITAR

SEBTIANA NAHAROTUL FITRIYAH, 12201173240 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTsN 2 Kota Blitar” yang ditulis oleh Sebtiana Naharotul Fitriyah, NIM: 12201173240, pembimbing Mohammad Ja’far As-Shodiq, M.Pd.I Kata kunci : Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah. Pendidikan merupakan salah satu jembatan untuk memotivasi dan menumbuhkan budi pekerti peserta didik. Hal ini disebabkan karena agama Islam mengajarkan akhlakul karimah yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya sebagai seorang muslim-muslimah. Hal tersebut dapat membuat seseorang selalu mengingat dan membiasakan diri memiliki akhlakul karimah seperti yang dibentuk oleh guru pendidikan agama Islam Pada Peserta Didik di MTsN 2 Kota Blitar. Pertanyaan penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakteristik Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTsN 2 Kota Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakteristik Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTsN 2 Kota Blitar? (3) Bagaimana evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakteristik Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTsN 2 Kota Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakteristik Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTsN 2 Kota Blitar. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi Kepala MTsN 2 Kota Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru MTsN 2 Kota Blitar sebagai dasar untuk melakukan pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik. Bagi peserta didik MTsN 2 Kota Blitar sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki akhlakul karimah. Bagi para peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTsN 2 Kota Blitar. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyaji data dan penarikan kesimpulan. Sumber data adalah guru Pendidikan Agama Islam dan kepala MTsN 2 Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakteristik akhlakul karimah yaitu melalui pengamatan, memberikan contoh, dan pembinaan. (2) pelasakasanaannya melalui beberapa tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap motivasi, tahap penugasan. (3) Evaluasi guru pendidikan agama Islam dengan menjadi pendengar dan pengawas. Hal tersebut dapat ditemukan banyak perubahan yang dialami peserta didik dari awal mereka masuk hingga mereka menjadi alumni karena peserta didik telah dibiasakan dengan melakukan rutinatas hal-hal yang positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > SQ
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173240 SEBTIANA NAHAROTUL FITRIYAH
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:31
Last Modified: 23 Nov 2021 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23203

Actions (login required)

View Item View Item