PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN NGUNUT TULUNGAGUNG

AAN AINUR RIZKI, 17201163031 (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (390kB)

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung”ini di tulis oleh Aan Ainur Rizki, NIM.17201163031, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibim bing oleh Bapak Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci : Pembentukan Karakter Santri, Pondok Pesantren Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara non klasik, dimana seorang kyai mengajarkan ilmu agama islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dengan bahasa oleh ulama dahulu maupun sekarang. Maka dari itu pondok pesantren sebagai lembaga yang cocok untuk membentuk karakter anak muda agar dapat berkontribusi bagi nusa, bangsa, dan agama. Pondok pesantren ngunut yang terkenal santrinya memiliki akhlak yang bagus menarik peneliti untuk mengamati tempat tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa Karater Santri Yang Dibentuk Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung ? (2) Bagaimana Proses Pembentukan Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung ? (3) bagaimana hasil pembentukan karakter santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang berusaha mendeskripsikan menginterprestasikan data yang ada dengan lokasi di pondok pesantren Hidayatu Mubtadiin Ngunut Tulungagung. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa dengan metode induktif kedalam tiga langkah, meliputi tahap reduksi, data sajian (display data) menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) karakter santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung, karakter santri dengan melalui berbagai kegiatan menumbuhkan karakter seperti, (a) karakter tanggung jawab, dengan santri harus siap dan bertanggung jawab atas semua tugas atau kegiatan yang menyangkut dirinya, (b) karakter jujur, santri memiliki perilaku yang mencerminkan kesatuan antara pengetahuan, perkataan, dan perbuatan, (c) dispilin, dalam karakter disiplin akan menumbuhkan rasa peduli akan semua hal yang telah menjadi tanggung jawab dan kewajiban santri di pesantren (d) mandiri, santri berperilaku dengan tidak mudah tergantung pada orang lain. (2) proses pembentukan karakter santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin Ngunut Tulungagung sebagai berikut, (a) jujur, membentuk karakter santri dilakukan dengan berbagai tahap yaitu dengan memberikan kesadaran etika pengetahuan serta pengarahan. (b) karakter disiplin pada santri dilakukan dengan jalan : memberikan motivasi, memberikan pendidikan, serta menegakkan aturan. (c) karakter mandiri, membentuk karakter mandiri pada santri di lakukan dengancara, memberikan pengetahuan dari kegiatan pembelajaran, memberikan pengarahan tentang kegiatan sesuai dengan kebutuhan santri, mengembangkan kemampuan menikmati pengalaman belajar santri. (3) hasil pembentukan karakter santri pondok pesantren hidayatul mubtadiin ngunut tulungagung yaitu : (a) santri memiliki karakter tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya. (b) santri memiliki karekter jujur dalam berperilaku dalam mencerminkan kesatuan antara pengetahuan, perkataan, dan perbuatan, sehingga menjadikan orang yang bersangkutan sebagai pribadi yang dapat dipercaya. (c) santri memiliki karakter kedisiplinan dalam melaksanakan segala tugas-tugasnya. (d) santri mempunyai karakter mandiri dengan berperilaku yang tidak tergantung pada orang lain dalam menyelasiakan tugas maupun persoalannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163031 AAN AINUR RIZKI
Date Deposited: 06 Dec 2021 00:42
Last Modified: 06 Dec 2021 00:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23385

Actions (login required)

View Item View Item