UMI MAHMUDAH, 12212173065 (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERMUATAN MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI IKATAN KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (522kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Bermuatan Multipel Representasi pada Materi Ikatan Kimia Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Umi Mahmudah, NIM. 12212173065, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik (E-¬Modul), Multipel Representasi, Ikatan Kimia Adanya pandemi covid-19 yang tengah melanda, mengakibatkan terjadinya perubahan pada proses pembelajaran kimia di sekolah yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka menjadi jarak jauh secara online. Hal ini menjadikan peserta didik diharuskan belajar mandiri di rumah. Salah satu cara guru agar tetap bisa menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik adalah dengan membuat sebuah media pembelajaran seperti buku, jurnal atau modul dalam bentuk elektronik. Ketersediaan media yang praktis diperlukan untuk menunjang pembelajaran secara online sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi pada bahan ajar untuk proses pembelajaran saat ini. Hal ini dibuktikan oleh sumber belajar peserta didik yang masih berupa buku teks dan LKS yang didalamnya kurang mengaitkan ketiga level representasi yang memudahkan peserta didik memahami materi ikatan kimia. Oleh karena itu, modul elektronik (e-modul) bermuatan multipel representasi pada materi ikatan kimia dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang praktis dan mudah digunakan saat pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik (e-modul) bermuatan multipel representasi pada materi ikatan kimia, menguji kelayakan modul elektronik (e-modul) tersebut berdasarkan penilaian dari ahli, dan mengetahui respon peserta didik. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Tahapan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ketiga karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, dan angket peserta didik untuk mengetahui respon terhadap penggunaan produk. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media yang merupakan 2 dosen kimia dan 1 guru kimia di SMAN 1 Garum Blitar. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 27 peserta didik kelas X IPA 2 di SMAN 1 Garum. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa modul elektronik (e-modul) yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, Canva, ChemBioDraw, dan Flip PDF Professional. Modul elektronik (e-modul) bermuatan multipel representasi pada materi ikatan kimia ini dinyatakan sangat valid/sangat layak oleh validator. Pada aspek materi mendapat persentase sebesar 90%, sementara pada aspek multipel representasi dan aspek media mendapatkan persentase sebesar 91%. Respon peserta didik terhadap modul elektronik (e-modul) mendapatkan respon kriteria baik dengan dibuktikan hasil persentase rata-rata sebesar 80%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | S.Pd. 12212173065 UMI MAHMUDAH |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 07:12 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 07:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23387 |
Actions (login required)
View Item |