KARAKTERISTIK BERPIKIR INTUITIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VIII A MTs N 4 JEMBRANA BALI

AMRULIANA BALIANI PUTRI, 12204173207 (2021) KARAKTERISTIK BERPIKIR INTUITIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VIII A MTs N 4 JEMBRANA BALI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Skirpsi dengan judul “Karakteristik Berpikir Intuitif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII A MTs N 4 Jembrana” ini ditulis oleh Amruliana Baliani Putri, NIM. 12204173207, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Karakteristik berpikir intuitif, masalah matematika, Adversity Quotient. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kurangnya guru dalam memperhatikan kemampuan berpikir intuitif yang dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan matematika. Ketika siswa dihadapkan pada sebuah soal yang berbentuk masalah atau cerita, siswa merasa kesulitan dalam memahami maksud dari soal tersebut, padalah setiap siswa telah memiliki kemampuan untuk memecahkan kesulitan yang dihadapinya sesuai dengan tujuan yang diinginkannya. Dalam penelitian ini membahas tentang karakteristik berpikir intuitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar yang dihubungkan dengan adversity quotient pada siswa kelas VIII A MTs N 4 Jembrana. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik berpikir intuitif siswa kelas VIII A MTs N 4 Jembrana dengan tingkatan adversity quotient yang berbeda-beda yaitu tipe quitter, camper, dan climber. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan tiga subjek yang berasal dari kelas VIII A. Teknik pengumpulan data, menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Subjek tipe quitter, menggunakan intuisinya berupa implicitness, coercivines, intrinsic certainty, dan jawaban wawancara yang kurang logis, sehingga termasuk dalam indikator power of synthesis. 2) Subjek tipe camper, menggunakan intuisinya dalam menyelesaikan masalah yaitu implicitness, kurangnya intrinsic certainty, sehingga termasuk dalam indikator catalytic inference. 3) Subjek tipe climber, menggunakan seluruh intuisi yang ia miliki, implicitness, ektrapolative, coercivines, intrinsic certainty. Sehingga termasuk ke dalam indikator common sense.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: AMRULIANA BALIANI PUTRI
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:13
Last Modified: 07 Dec 2021 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23425

Actions (login required)

View Item View Item