MANAJEMEN PENDIDIKAN PROFETIK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di MTs Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung dan MTs Negeri Kunir, Wonodadi, Blitar)

SITI KUSNUL KOTIMAH, 17501165013 (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN PROFETIK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di MTs Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung dan MTs Negeri Kunir, Wonodadi, Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Kotimah, Siti Kusnul, 2020. Manajemen Pendidikan Profetik dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik (Studi Multikasus di MTs Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung dan MTs Negeri Kunir, Wonodadi, Blitar. Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Promotor: Prof. Dr. H Achmad Patoni, M.Ag, ko-promotor I, Dr. Ngainun Naim. M.H.I, ko promotor II Dr. Hj. Nur Aini Latifah,SE,MM Kata Kunci: Manjemen Pendidikan Profetik, Karakter Masalah karakter dalam konteks universal bisa dipakai sebagai dasar filosofi pendidikan karakter yaitu bahwa bila karakter hilang, segala sesuatunya hilang. Untuk itu pemerintah membentengi bangsa dari lunturnya karakter dengan mengintegrasikan Karakter pada mata pelajaran. Pendidikan profetik merupakan seperangkat teori yang mentransformasikan gejala sosial dan diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar profetik (kenabian). Dari sekian Madrasah yang konsen dan memiliki visi yang berkarakter yaitu MTs Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung dan MTs Negeri Kunir, Wonodadi, Blitar. Pertanyaan Penelitian ada 5 pertanyaan,bertujuan untuk menganalisis dan menemukan (1) Perencanaan pendidikan profetik (2) Pengorganisasian pendidikan profetik. (3) Pelaksanaan pendidikan profetik.(4) Pengawasan pendidikan profetik (5) Hasil pengelolaan pendidikan profetik dalam mengembangkan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Myles Huberman dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dari data kasus tunggal dan lintas kasus. Pengecekan keabsahan data melalui Kredibilitas, transferabilitas, dependensibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan (1). Perencanaan pendidikan profetik dalam mengembangkan karakter peserta didik yaitu dengan melakukan rapat kerja serta membuat Program Madrasah didasari dengan Pendidikan Profetik-Integrative. (2) Pengorganisasian pendidikan profetik dalam mengembangkan karakter peserta didik dengan melakukan Pengelolaan madrasah yang menyenangkan (Organinizing Amikal-Familier). (3) Pelaksanaan pendidikan profetik dalam mengembangkan karakter peserta didik dengan melakukan ekstrakurikuler yang diintegrasikan dengan pendidikan profetik dan berbasis peran sosial, Pembiasaan karakter berbasis persamaan peran serta pada kegiatan belajar mengajar (Habituasi berbasis Peran sosial).(4).Pengawasan pendidikan profetik dalam mengembangkan karakter peserta didik dengan melakukan perkembangan sikap dan perilaku yang dilakukan dengan melalui pelaksanaan kegiatan sehari-hari atau ekstrakurikuler di Madrasah (Manajemen Kontrol). (5) Hasil pengelolaan pendidikan profetik mengembangkan karakter peserta didik dengan menerapkan nilai-nilai profetik. Temuan (Novelty) penelitian ini adalah Manajemen Profetik-Pendidikan Profetik-Peran sosial Profetik-Karakter Profetik artinya Jika manajemennya profetik, karakternya profetik maka peran sosialnya harus profetik juga Jika manajemenya profetik untuk mendapatkan karakter profetik maka membutuhkan peran sosial profetik. Jika tidak menggunakan peran sosial profetik biarpun manajemennya pendidikan profetik maka karakternya belum tentu profetik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501165013 SITI KUSNUL KOTIMAH
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:06
Last Modified: 13 Dec 2021 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23488

Actions (login required)

View Item View Item