RIZQI IMROATUL KHASANAH, 12205173063 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (557kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (447kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (671kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlakul Karimah pada Siswa MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung” ini ditulis oleh Rizqi Imroatul Khasanah, NIM. 12205173063, Dosen Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak , Akhlakul Karimah Penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlakul Karimah pada Siswa MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan akhlakul karimah sangat penting. Permasalahan dalam dunia pendidikan yang menjadi sorotan adalah karakter peserta didik. Penanaman nilai akhlakul karimah menjadi salah cara dalam menanamkan akhlak pada peserta didik agar mereka terhindar dari perbuatan tercela. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimanakah perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah siswa di MI Nurul Islam Mirigambar? 2). Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak untuk mencegah akhlak yang kurang baik pada siswa di MI Nurul Islam Mirigambar? 3). Bagaimanakah pelaksanakan evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa di MI Nurul Islam Mirigambar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitiannya: 1). Perencanaan pembelajaran akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah siswa yaitu dengan penanaman adab dan penanaman tanggung jawab pada siswa. 2). Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak untuk mencegah akhlak yang kurang baik pada siswa yaitu: Untuk kegiatan menyampaikan materi pembelajaran akidah akhlak guru menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Serta sebagai guru bisa memberikan motivasi dan semangat pada siswa, selanjutnya yaitu melakukan kerjasama dengan orang tua siswa agar peserta didik ketika di rumah dapat melakukan kegiatan seperti yang telah diajarkan di sekolah. 3). Pelaksanaan evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa yaitu : guru akidah akhlak yaitu melaksanakan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester dan praktik. . Evaluasi pembelajaran aqidah akhlak dilakukan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173063 RIZQI IMROATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 03:53 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23805 |
Actions (login required)
View Item |