MIA MILKHATUN NADHIROH, 12201173053 (2021) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL MAHMUDAH PADA SISWA KELAS 11 DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (488kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (831kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Menanamkan Akhlakul Mahmudah pada Siswa Kelas 11 di SMAN 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Mia Milkhatun Nadhiroh NIM. 12201173053. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Akhlakul Mahmudah. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan akhlak, moral, dan etika menurun yang hanya memikirkan kesenangan bermain tanpa memikirkan resiko yang akan dihadapi di kemudian hari, seperti banyaknya siswa yang terlambat masuk ke sekolah, adab berpakaian yang tidak sesuai ketentuan dari sekolah, kurang sopan dan santun dalam bersikap dan bertutur kata. Selain itu, input latar belakang siswa yang tidak sama, lingkungan yang tidak kondusif karena terdapat warung kopi yang menjadi alasan anak untuk nongkrong, ngopi dan bolos mata pelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan akhlakul mahmudah pada siswa kelas 11 di SMAN 1 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana peran guru sebagai teladan dalam menanamkan akhlakul mahmudah pada siswa kelas 11 di SMAN 1 Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan akhlakul mahmudah pada siswa kelas 1 1 di SMAN 1 Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan alur tahapan Reduksi data, Paparan data dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan akhlakul mahmudah pada siswa yaitu guru interaksi dengan siswa, penguasaan materi, metode yang sesuai dan evaluasi pembelajaran. (2) Peran guru sebagai teladan dalam menanamkan akhlakul mahmudah pada siswa yaitu guru sebagai suri tauladan, penyampaian materi pembelajaran aqidah akhlak, pembiasaan berdo‟a, disiplin waktu, pembiasaan atau penerapan 5S(Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), infaq dan saling menasehati dalam kebaikan. (3) Peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan akhlakul mahmudah pada siswa yaitu guru sebagai pendamping, perlunya kerja sama dengan seluruh warga sekolah, pemberian motivasi dan nasihat, bimbingan melalui pendekatan, pemberian arahan, guru PAI memberikan perhatian dan pendampingan khusus dan pemberian sanksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173053 MIA MILKHATUN NADHIROH |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 08:59 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 08:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23870 |
Actions (login required)
View Item |