RISMA MASNU'ATUL KHOIRIYAH, 12205173032 (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Problematika Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Risma Masnu'atul Khoiriyah, NIM 12205173032. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata kunci : Problematika, Pembelajaran Daring, Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya permasalahan dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik. Tematik merupakan sekumpulan materi yang terintegrasi, dan mengajarkannya butuh kemampuan yang memadai agar siswa memperoleh pembelajaran yang bermakna. Di sisi lain, pembelajaran harus dilakukan secara daring, hal ini menuntut guru (bisa/tidak bisa) harus dapat menggunakan teknologi dan mampu mengelola kelas secara daring. Untuk itu diperlukan suatu solusi agar guru tetap dapat melaksanakan pembelajaran daring tanpa kendala, khususnya pada mata pelajaran Tematik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk problema yang dihadapi guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (2) Faktor-faktor apa yang menjadi penyebab munculnya problematika dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (3) Solusi apa yang diambil guru maupun lembaga sekolah terkait dengan problema yang terjadi di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik milik Robert K. Yin yaitu validitas konstruk, validitas internal, validitas eksternal, dan reliabilitas. Hasil temuan dari penelitian ini adalah: (1) Bentuk-bentuk problema yang dihadapi guru yaitu (a) pembelajaran tidak bisa maksimal (b) motivasi belajar siswa rendah (c) kesulitan dalam penyusunan konten materi (d) sarana/media belajar kurang memadai; (2) Faktor yang menjadi penyebab munculnya problematika yaitu (a) guru tidak dapat memantau siswa secara langsung (b) keluhan siswa mengenai tugas yang menumpuk (c) kemampuan guru menggunakan teknologi (d) kurangnya dukungan orang tua (e) akses internet tidak stabil; (3) Solusi yang diambil yaitu: (a) bimbingan/pendampingan siswa secara kelompok/individu (b) seminar/pelatihan teknologi untuk guru (c) kerjasama dengan orang tua (d) kuota internet gratis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173032 RISMA MASNU'ATUL KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:43 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24042 |
Actions (login required)
View Item |