VIANI KASIRUL KHAMDIYAH, 12201173099 (2021) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN IBADAH OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KEPADA SISWA KELAS XI DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (745kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (508kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (435kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembiasaan Ibadah oleh Guru Pendidikan Agama Islam kepada Siswa Kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Viani Kasirul Khamdiyah, NIM. 12201173099, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembiasaan Ibadah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalam melakukan ibadah yang disebabkan karena pengaruh modernisasi dan globalisasi. Teknologi yang semakin canggih ini akhirnya disalahgunakan. Banyak siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek ini terpengaruh oleh dampak negatif modernisasi dan globalisasi sehingga mereka menjadi malas, suka berbohong, telat masuk sekolah atau bahkan membolos, dan kurang memperhatikan pelajaran di dalam kelas, salah pergaulan serta kurangnya kesadaran dan perhatian orang tua juga menjadi penyebab rendahnya motivasi siswa untuk melakukan ibadah. SMK Islam 1 Durenan Trenggalek merupakan SMK pusat unggulan (SMK COE) dengan penerapan kurikulum sekolah yang memberikan keleluasaan kepada siswa pada bidang kompetensi dan keahlian yang diminatinya dengan penguatan prinsip pendidikan yang memerdekakan, tetapi meskipun begitu SMK Islam 1 Durenan Trenggalek juga tetap memegang prinsipnya dengan memperhatikan dan menekankan segi keagamaan yang tercermin dalam berbagai bentuk pembiasaan-pembiasaan ibadah yang diterapkan di sekolah. Dengan begitu diperlukan adanya metode guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang ada, dan menciptakan lulusan yang berilmu, beriman, bertakwa serta berakhlakul karimah seperti yang terkandung dalam visi dan misi sekolah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021? (3) Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021?. Sedangkan tujuan dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021 (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer berupa observasi dan wawancara dengan Waka Kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa kelas XI secara acak, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumentasi berupa foto dan dokumen/arsip-arsip dari lembaga sekolah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI adalah dengan membuat daftar ayat atau surat untuk tadarus, menyusun perangkat pembelajaran yang berupa RPP, Silabus, Prota, dan Promes, membuat poster landasan karakter bagi siswa, menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan. (2) Pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI adalah dengan membimbing siswa agar disiplin melakukan tadarus Al-Qur’an setiap pagi sebelum pelajaran pada jam pertama dimulai, memberikan pengarahan dan motivasi mengenai pentingnya ibadah di sela-sela kegiatan pembelajaran baik itu saat pembelajaran tatap muka maupun online, membina dan memberikan contoh penerapan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), mengajak siswa melakukan tahlil bersama setiap hari jumat, tetapi untuk pelaksanaan tahlil untuk sekarang ini hanya dilakukan beberapa kali karena terkendala oleh pandemi. (3) Evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan ibadah siswa kelas XI adalah dengan evaluasi melakukan pengamatan dan pendekatan secara langsung kepada siswa saat kegiatan sehari-hari, evaluasi kerjasama dengan wali kelas, guru mata pelajaran umum dan juga kepala sekolah, evaluasi yang dilakukan bersama wali murid, dan evaluasi hasil belajar tiap semester.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173099 Viani Kasirul Khamdiyah |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 05:41 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 05:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24053 |
Actions (login required)
View Item |