AISYAH GHOYATI SHOFA, 12206173071 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI DI RA HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (237kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini di RA Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung”, ditulis oleh Aisyah Ghoyati Shofa, NIM 12206173071, Pembimbing : Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Religius Penelitian ini di latar belakangi oleh oleh fenomena bahwa strategi yang diterapkan guru merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik. Terkait hal tersebut guru RA Hidayatul Mubtadiin berinovasi menerapkan berbagai strategi yang menarik untuk mewujudkan visi dan misinya. Dengan menawarkan program unggulan yaitu pembinaan tartil Alquran, pembiasaan yasin tahlil dan praktek kegiatan beribadah serta pembinaan akhlak perilaku yang berkarakter religius. Namun sekolah ini memiliki kendala yaitu kurang terjalinnya sinergisitas antara wali murid di rumah dan guru di sekolah, sehingga pembelajaran kurang maksimal kemudian mengharuskan guru bekerja lebih ekstra untuk merancang strategi pembelajarannya. Supaya karakter religius tertanam kuat pada peserta didik hingga dewasa. Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaaan guru dalam menanamkan karakter religius anak usia dini di RA Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. 2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan karakter religius anak usia dini di RA Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. 3) Bagaimana hasil strategi guru dalam menanamkan karakter religius anak usia dini di RA Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan, pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan guru dalam menanamkan karakter religius di RA Hidayatul Mubtadiin yakni menetapkan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum K-13. Membuat program tahunan, semester, mingguan dan harian. Membuat penilaian berupa penilaian harian, bulanan, tengah semester dan semester. 2) Strategi guru dalam menanamkan karakter religius di RA Hidayatul Mubtadiin yaitu menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan dalam menyampaikan materi akhlak dan sopan santun. Menggunakan metode privat hafalan untuk memperlancar materi hafalan. Menggunakan metode bernyanyi dalam mengenalkan materi pemahaman ketuhanan. Menggunakan metode demonstrasi dalam menyampaikan materi ibadah. Menggunakan metode bermain, memberikan reward serta menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan orang tua. 3). Hasil dari strategi tersebut yaitu anak mulai memiliki pemahaman tentang nilai agama dan moral, termotivasi melakukan kegiatan ibadah, terbiasa berperilaku sopan dan mengenal nilai – nilai yang berlaku di lingkungannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > SQ |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173071 AISYAH GHOYATI SHOFA |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:04 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24130 |
Actions (login required)
View Item |